Polri Membangun Polres Khusus IKN dengan Konsep Smart Security

JAKARTA,MENITINI.COM-Polri membangun Polres Khusus Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan konsep smart security. Konsep ini meliputi layanan tanggap darurat dan sistem pengamanan kota yang modern, layanan kepolisian digital, dan melibatkan peran serta komunitas dan masyarakat.

Polres Khusus IKN akan dibangun di tanah seluas 1.568 meter persegi dari alokasi tanah untuk Polri seluas 12 hektare. Gedung Polres nantinya memiliki 4 lantai dengan luas bangunan sebesar 6.189 meter persegi. Polres dibangun menggunakan anggaran Polri sebesar Rp 155,6 miliar. Perkiraan pembangunan ini akan memakan waktu selama 8-9 bulan.

“Polres Khusus Kawasan IKN ini, akan memberikan pelayanan kepolisian terhadap enam kecamatan, yaitu kawasan KIPP, Kecamatan Sipaku, Loa Kulu, Loa Janan, Muara Jawa, dan Samboja.” ungkap Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (21/12/2023).

BACA JUGA:  Indonesia Menangkan Penghargaan pada Gourmand Awards di Riyadh

Jenderal Sigit menjelaskan, selain membangun Polres Khusus IKN, Polri juga akan membangun hunian untuk personelnya. Saat ini, Kementerian PUPR sedang membangun 4 tower hunian Polri, yang masing-masing tower memiliki 12 lantai yang terdiri atas 420 unit (tipe 98 m2) kali 4 tower, sehingga total terdapat 1.680 unit. Progres pembangunan saat ini mencapai 14,4 persen, dengan target penyelesaian pada November 2024.

“Ke depan, Mabes Polri juga akan segera dibangun oleh KemenPuPR sesuai dengan desain yang telah diajukan. Pembangunan ini dilakukan secara bertahap. Tahun 2024 akan dibangun 2 blok dari total 3 blok.” jelasnya.

Selain itu, Jenderal Sigit mengatakan Polri juga akan membangun command center Polres Khusus Kawasan IKN sebagai bagian dari smart security system. Dia berharap konsep ini bisa memaksimalkan pengamanan di IKN.

BACA JUGA:  Tes Pertama Saipul Jamil Negatif Narkoba, Jalani Tes Kedua

“Pembangunan smart security ini akan memberikan jawaban atas jaminan rasa aman bagi masyarakat dan para investor di IKN, sehingga dapat berkontribusi terhadap percepatan pembangunan dan investasi di Ibu Kota Nusantara sebagai wujud filosofi pembangunan Indonesia-sentris.” ucap Jenderal Sigit.

Polri berkomitmen mengerahkan segala sumber daya demi mengawal kebijakan dan agenda-agenda pemerintah, khususnya mengawal pembangunan IKN. Lebih lanjut, Kapolri juga berharap proses pembangunan bisa berjalan lancar dan tepat waktu.

  • Sumber: humas Polri
  • Editor: Daton