Penataan Abrasi di Pantai Selagan Nusa Dua Batal

Alat berat diterjunkan untuk membersihkan geobag yang rusak di Pantai Selagan Nusa Dua.
Alat berat diterjunkan untuk membersihkan geobag yang rusak di Pantai Selagan Nusa Dua. (Foto: M-003)

NUSA DUA MENITINI.COM-Rencana pemindahan pasir dari area pantai sekitar Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali batal dilaksanakan Rabu (5/10) lalu. Pasalnya di hotel itu menjadi lokasi pelaksanaan Business Matching tahap IV dari tanggal 6-7 Oktober. Pemindahan pasir ditunda sementara waktu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA) Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida, I Wayan Riasa. Pihaknya kini masih terus melakukan koordinasi agar pemindahan pasir bisa dimulai begitu event usai. Namun jika hal itu tidak memungkinkan dilaksanakan, pemindahan pasir itu dua hari lagi. “Ini masih sedang kami koordinasikan dengan pihak hotel,” ucapnya, Kamis (6/10).

BACA JUGA:  Kontes Bonsai di Lapangan Lumintang Denpasar, Doorprize Rumah di Jembrana

Sambil menunggu, pihaknya melakukan pembersihan area di Pantai Selagan. Sebuah alat berat dikerahkan membersihkan area dari geobag dan material puing bekas kerusakan walkway yang terkikis abrasi. “Sambil menunggu, kita lakukan persiapan di lapangan. Jadi biar sama-sama jalan. Geobag dan material bekas walk way kita kembalikan ke ITDC selaku pemilik aset,” imbuhnya.    

Untuk diketahui pemindahan pasir tersebut dilakukan untuk menata  abrasi di Pantai Selagan Nusa, oleh Proyek Bali Beach Conservation Project (BBCP) Phase II bantuan Japan International Cooperation Agency (JICA).  Dimana material pasir yang tertumpuk di beberapa titik Pantai Nusa Dua kemudian dipindahkan untuk menambal yang terkikis abrasi. Jika material itu dirasa masih kurang, maka akan dilakukan penambahan pasir dari stokpile di Pantai Merta Sari Sanur. M-003

BACA JUGA:  Otorita Labuan Bajo Flores Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah Pantai