Rabu, 29 Mei, 2024

Pembangunan RMU Tibu Beleng , digadang gadang Penggilingan Padi Termodern di Bali. (Foto: Istimewa)

JEMBRANA,MENITINI.COM-Rice Milling Unit (RMU) Tibu Beleng Desa Penyaringan digadang-gadang menjadi Sentra Pengolahan Beras Terpadu termodern di Bali. RMU yang merupakan bantuan Menteri BUMN Erick Thohir melalui CSR Bank Mandiri ini, memiliki mesin canggih yang sudah terintegrasi.

RMU ditargetkan mulai beroperasi di akhir bulan Nopember ini. Memastikan semua siap, Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi tim Bank Mandiri serta Kadis Pertanian dan Pangan kabupaten Jembrana melaksanakan pemantauan ke RMU Tibu Beleng, Rabu (8/11/2023).

Usai berkeliling meninjau semua fasilitas yang ada, Bupati Tamba mengatakan RMU ini akan bisa menjawab permasalahan harga gabah yang murah ketika memasuki masa panen.

“RMU hadiah dari bapak Menteri BUMN Erick Thohir melalui CSR Bank Mandiri hari ini sudah terwujud, kita sudah uji coba. Astungkara ini bisa menjawab persoalan dari petani padi yang ada di kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

BACA JUGA:  Pasar Murah Diskoperindag Diserbu Warga Loloan Barat Jembrana

Pihaknya menyampaikan RMU Tibu Beleng diperkirakan mampu memproduksi hingga 60 ton beras per hari. Nantinya, selain gabah hasil dari petani Penyaringan, juga akan bisa menampung gabah hasil petani di luar desa Penyaringan.

“Kebutuhan gabah setiap harinya hampir 60 ton, dimana produksi beras dalam satu jam bisa 3-4 ton. Kalau produksi gabah dari sekitar penyaringan mungkin belum mencukupi, maka butuh produksi gabah dari petani dari subak-subak di luar Penyaringan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Bupati Tamba, RMU Tibu Beleng memiliki mesin yang termodern sehingga nantinya bisa menjadi objek edukasi baik bagi pelajar maupun masyarakat yang akan mengembangkan usaha di bidang penggilingan padi.

BACA JUGA:  Pengaman Pantai Pebuahan, Jembrana Mulai Dikerjakan Bulan Ini

“Tempat ini salah satu mesin yang termodern dan akan menjadi tempat edukasi baik untuk anak-anak sekolah maupun pihak swasta lainnya yang mau belajar tentang mekanisme RMU,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Tamba sangat berharap Menteri BUMN Erick Thohir bisa meresmikan langsung RMU Tibu Beleng. “Dalam waktu dekat kita akan melakukan seremonial pamelaspasan dan mudah-mudahan Pak Menteri Erick Thohir dan Direktur Bank Mandiri bisa hadir di subak Tibu Beleng ini,” tandasnya.

Sementara itu, Perwakilan Mitra Bumdes Nusantara, Atif Solihin yang ditugaskan melatih dan membimbing sentra pengolahan beras terpadu ini mengatakan RMU Tibu Beleng menjadi sentra pengolahan beras yang terlengkap di Bali.

“Penggilingan ini sudah menjadi sentra penggilingan padi modern, mulai dari mesin sampai dengan produk samping sudah terintegrasi. Disini yang paling canggih, ada separator dan destoner, yang terlengkap di provinsi Bali,” tutupnya. (M-011)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Bupati Jembrana Beri Penghargaan Tokoh Pendidikan Hindu