Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Jembrana Dilaunching

JEMBRANA,MENITINI.COM-Bupati Jembrana I Nengah Tamba Menghadiri Undangan Rapat Evaluasi Kegiatan Penyelenggaraan Statistik Sektoral, sekaligus Launching Wajah Baru Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Jembrana di Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Jembrana, Selasa (19/12/2023).

Dalam acara tersebut Bupati Tamba meresmikan langsung Wajah Baru PST BPS ditandai dengan melaksanakan Gunting Pita Bersama Kepala BPS Provinsi Bali  Endang Retno Sri Subiyandani.

Wajah baru PST dan fasilitas layanan dihadirkan BPS akan memudahkan sekaligus memberikan kenyamanan bagi masyarakat maupun instansi yang membutuhkan layanan di bidang statistik. 

Acara tersebut dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan atas Komitmen dan dukungan dalam menyukseskan Program Desa Cinta Statistik Tahun 2023 kepada Bupati Jembrana.

Dalam sambutannya Bupati Tamba mengatakan Kabupaten Jembrana satu-satunya Kabupaten di Bali yang meraih dua penghargaan sekaligus dari Badan Pusat Tatistik (BPS) Republik Indonesia yaitu Desa Statistik (Desa Cantik) dan Anindhita Wistara Data. Hasil itu atas prestasi Satuan Kerja dengan Nilai Indeks Pembangunan Statistik baik kategori Pemerintah Kabupatenv/Kota dalam program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023.

BACA JUGA:  Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival, Kenalkan Jembrana Sebagai Kota Cokelat Ke Mancanegara 

“Kedua penghargaan tersebut menjadi bentuk apresiasi hasil kerja bersama antara Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan BPS di Jembrana, sudah sepatutnya capaian istimewa ini harus kita jaga dan tingkstkan dengan kolaborasi yang semakin erat pada masa mendatang,” ucapnya

Bupati Tamba juga mengucapkan selamat kepada BPS Kabupaten Jembrana yang telah berhasil menyelesaikan renovasi ruang Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang menjadi wajah pelayanan BPS kepada masyarakat.

“Melalui PST yang semakin modern dan lengkap, tentunya saya harap semua pihak yang berkunjung ke BPS Jembrana menjadi semakkn nyaman, hingga mampu mendorong pengkatan jumlah kunjungan,” ujarnya 

Selain itu pihaknya menyampaikan dukungan terhadap BPS merupakan satu Komitmen untuk mewujudkan Masyarakat Jembrana Bahagia berlandaskan Tri Hita Karana denhan pengambilan kebijakan yang tepat berdasar pada daya yang berkualitas.

BACA JUGA:  Pemkab Badung Terima Penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi

“Oleh karenanya, marilah kita terus jaga sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan BPS, khususnya dalam penyelenggaraan statistik sektoral,” ucapnya 

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten jembrana Rocky Gunung Hasudungan mengatakan Wajah baru PST dan fasilitas layanan dihadirkan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna layanan BPS, diantaranya unsur OPD dari Pemkab Jembrana, Peneliti, serta masyarakat Kabupaten Jembrana yang membutuhkan layanan di bidang statistik. 

“Jadi ini dihadirkan khusus untuk masyarakat Jembrana untuk kenyamanan dalam mencari data,” ucapnya.

Rocky Gunung juga mengatakan Renovasi tersebut berupa peremajaan dan penambahan fasilitas yang dilakukan di beberapa area, diantaranya ruang PSD, ruang lobi, penambahan luas ruang sub bagian umum, ruang arsip, ruang laptasi, pojok bermain anak, serta peremajaan pintu, penambahan hendel kamar mandi dan ruangan disatabilitas.

BACA JUGA:  Aksi Trek-trekan dan Knalpol Brong Resahkan Warga, Polsek Kuta Selatan Sidak ke Sekolah

“Dengan wajah baru dan beberapa ruang pelayanan yang telah kami sebutkan tadi, kami yakin akan mampu menciptakan rasa bangga kepada kami sebagai pegawai Badan Statistik kabupaten Jembrana yang pada gilirannya juga akan meningkatkan motifasi kerja kami untuk menjadi kesatuan kerja yang lebih baik,” pungkasnya. (M-011)

  • Editor: Daton