Minggu, 26 Mei, 2024

Inilah patung speed dengan sosok Presiden RI Joko Widodo di Sirkuit Mandalika yang menjadi daya tarik wisatawan datang ke kawasan The Mandalika selama libur lebaran Idul Fitri 2024. (Foto: Istimewa)

MATARAM,MENITINI.COM – Sebanyak lebih kurang 47.786 orang wisatawan mengunjungi kawasan The Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng/ selama libur lebaran Idul Fitri 2024.

Tercatat, sejak tanggal 8 April hingga 18 April, kawasan KEK Mandalika yang dikelola oleh ITDC tersebut menerima wisatawan lokal juga menerima kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. 

Sementara, puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Rabu, 17 April 2024, bertepatan dengan perayaan Lebaran Topat. Di mana, pada hari itu saja, sebanyak 13.835 orang wisatawan datang berlibur. 

Hanya saja, angkanya banyak didominasi wisatawan domestik mencapai 39.628 wisatawan secara umum.

“Catatan kami, wisatawan domestik yang datang ke The Mandalika angkanya untuk warga dari Pulau Lombok mencapai 29.721 wisatawan. Sedangkan yang dari pulau Sumbawa sekitar 3.963 wisatawan. Sementara, untuk wisatawan mancanegara tercatat sekitar 4.403 orang,” ujar Direktur Utama ITDC Ari Respati, pada wartawan, Senin (22/4/2024). 

BACA JUGA:  Target Wisatawan Libur Lebaran, Pengelipuran Tawarkan Sensasi Baru dan Atraksi Budaya

Menurut Ari, umumnya wisatawan yang datang tersebut mengunjungi berbagai spot wisata menarik yang tersedia di kawasan The Mandalika.

Mulai dari Kuta Beach Park (KBP), Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Seger dan Serenting hingga Pertamina Mandalika International Circuit. 

“Dan, khusus untuk sirkuit Mandalika ada sebanyak 2.245 wisatawan yang datang untuk mengikuti program Lampaq di sirkuit Mandalika,”  kata dia. 

Ari mengaku wisatawan yang datang ke The Mandalika dapat menikmati keindahan sirkuit Mandalika secara langsung.

Selanjutnya, mereka juga dapat melihat perbukitan Merese.

“Berdasarkan hasil pemantauan dari posko lebaran yang ada di kawasan The Mandalika, terdapat ada dua destinasi di The Mandalika  yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama musim lebaran tahun ini,” jelas dia.

BACA JUGA:  Tiga Besar Pasar Wisatawan untuk Bali, Australia Nomor Satu, Menyusul China dan India

Lebih lanjut dikatakan, umumnya para wisatawan yang datang rata-rata membawa serta anggota keluarganya.  Mereka tampak yang datang sendiri, lantaran kebanyakan datang berkelompok. Bahkan, tidak saja di The Mandalika. 

Namun lanjut Ari, kunjungan wisatawan yang tinggi juga terjadi di kawasan The Nusa Dua Bali yang juga dikelola ITDC. 

Angkanya, mencapai sekitar 3.000 orang pada periode libur Lebaran. Dengan rata-rata kunjungan mencapai 500 orang per hari. Naik 87 persen dari periode libur lebaran tahun lalu,” tandasnya.

Ari menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk menyempurnakan pengalaman liburan bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata yang dikelola ITDC. 

“Dengan terus melengkapi destinasi wisata tersebut dengan berbagai fasilitas penunjang kebutuhan rekreasi. Sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pariwisata di Indonesia,” tandasnya. (M-003)

BACA JUGA:  NTB Lemah Kontijensi Plan Terkait Sembilan Turis Asing Terjangkit DBD, Begini Penjelasan Jubir Kemenlu

TERKAIT