Panglima TNI-Kapolri Tampil di Pagelaran Wayang Orang

Tangkapan layar pagelaran Wayang Orang 'Pandawa Boyong'
Foto tangkapan layar pagelaran Wayang Orang 'Pandawa Boyong' di kanal youtube TNI Angkatan Laut.

JAKARTA,MENITINI.COM– Tingkatkan pelestarian budaya nusantara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, menginisiasi pagelaran wayang orang dengan judul ‘Pandawa Boyong’.

Pentas wayang orang Pandawa Boyong ini digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat serta disiarkan secara langsung di Youtube TNI AL ( https://www.youtube.com/watch?v=mlSQf1n6cuA ) pada malam ini, Minggu (15/1/2023), mulai sekitar pukul 19.00 WIB.

“Pagelaran wayang orang Pandawa Boyong adalah inisiasi Panglima TNI waktu itu menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. Beliau pada awalnya memerintahkan saya untuk menyelenggarakan atau membuat kegiatan wayang orang Dewa Ruci tadinya, kemudian dengan berjalannya waktu, evaluasi, beliau kemudian memanggil saya, kemudian memutuskan pagelaran wayang orang ini menjadi pagelaran wayang orang Pandawa Boyong. Berkolaborasi bersama lintas generasi, para tokoh dan berbagai unsur seperti Laskar Indonesia Pusaka, Paguyuban Wayang Orang Barata serta prajurit TNI Angkatan Laut,” tuturnya.

BACA JUGA:  Kapolri Instruksikan Deteksi Ancaman Terorisme Sejak Dini

Pandawa Boyong bercerita tentang perjuangan Pandawa yang merupakan lambang kehidupan, mengajak kita sebagai bagian dari masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan semangat serta nilai-nilai Pancasila yang diwakili oleh masing-masing sosok Pandawa Lima.

“Pandawa Boyong bercerita tentang kegagalan Prabu Kresna menjadi duta pamungkas para Pandawa untuk mengambil kembali Kerajaan Astinapura dari para Kurawa,” ujar Aspotmar KASAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah selaku ketua panitia dalam postingan videonya.

Dalam pagelaran wayang orang tersebut diberitakan diperankan langsung oleh para petinggi polisi dan TNI. Antara lain, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Bima Sena, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit sebagai Prabu Puntadewa.

BACA JUGA:  Terdapat 78 Adegan di Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Selain itu, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Batara Guru, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Batara Baruna, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA, sebagai Eyang Abiyasa.

Ada juga kalangan selebriti yang akan memeriahkan pagelaran tersebut. Dua diantara, Marcella Zalianty yang akan berperan sebagai Arimbi dan Nunung sebagai Istri Bagong. (M-011)

Editor: UIK