MotoGP Argentina, Bezzecchi Menang Perdana

JAKARTA,MENITINI.COM-Pembalap tim Mooney VR46, Marco Bezzecchi, menjadi pemenang dalam balapan basah MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada Senin (3/4/2023) dini hari WIB. Pencapaian tersebut menjadi podium pertama Bezzechi dalam kariernya di MotoGP.

Berdasarkan statistik resmi MotoGP, Bezzechi mencatatkan waktu total 44 menit 28,518 detik untuk finis tercepat di Argentina. Dengan begitu, Bezzecchi berhak meraih 25 poin dan menjadi salah satu kompetitor yang perlu diwaspadai pada musim ini.

Bezzechi berhasil finis di depan Johann Zarco (Prima Pramac) yang terpaut 4,085 detik, sedangkan Posisi ketiga diraih oleh pole sitter Alex Marquez (Gresini Racing) dengan selisih waktu 4,681 detik.

BACA JUGA:  Porsenijar Badung 2024 Resmi Dibuka

Posisi kelima dan enam diisi oleh Jorge Martin (Prima Pramac) dan Jack Miller (Red Bull KTM) yang masing-masing terpaut 9,746 detik dan 10,562 detik dengan Bezzechi. Sedangkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) berhasil menemukan momentum untuk bangkit dan finis di posisi ketujuh.

Selanjutnya, ada rekan satu tim Bezzecchi Luca Marini dan pembalap tim LCR Honda Alex Rins yang melengkapi daftar sembilan besar. Masing-masing dari mereka berselisih waktu 13,694 detik dan 14,327 detik dengan sang juara. Kejutan tidak hanya datang dari Bezzecchi. Sebab, juara bertahan Francesco Bagnaia terjatuh di Tikungan 13 ketika balapan tersisa 8 lap lagi. Pembalap yang akrab disapa Pecco itu kemudian bangkit, tapi terpaksa finis di posisi ke-16.

BACA JUGA:  Hanya Dengan Rp50.000, Pengunjung Bisa Nikmati "Lampaq" Sirkuit MotoGP Mandalika 

Balapan GP Argentina kali ini pun bisa dibilang lebih sepi mengingat sejumlah pembalap absen karena cedera. Secara total, hanya ada 17 pebalap yang berpartisipasi dalam Grand Prix kali ini.

Beberapa jam sebelum balapan dimulai, tim Repsol Honda (HRC) mengumumkan bahwa Joan Mir harus absen karena cedera yang ia derita usai balapan Sprint pada sehari sebelumnya.

Kemudian, terdapat Enea Bastianini dari tim Ducati Lenovo yang juga absen karena mengalami cedera bahu saat crash dengan Marini dalam sesi Sprint Race.

Selain itu, crash yang melibatkan Marc Marquez (HRC) dan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) juga memaksa kedua pembalap untuk fokus pada pemulihan mereka dan melewatkan GP Argentina.

BACA JUGA:  Jembrana jadi Tuan Rumah Kejurnas Sprint Rally Putaran I

Lalu, terdapat pula Pol Espargaro (GasGas Factory Racing Tech3) yang masih menjalani pemulihan akibat patah tulang belakang ketika menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Portugal.

Sementara itu, klasemen pembalap saat ini dipimpin oleh Bezzecchi dengan total 50 poin. Ia berhasil menggeser dominasi Bagnaia yang saat ini mengoleksi 41 poin. Lebih lanjut, Zarco, Alex Marquez, dan Maverick Vinales melengkapi daftar lima besar. (M-003)

  • Editor: Daton