Menko PMK dan Menhub Gelar Rakor di Pos Polisi Cikopo

CIKOPO,MENITINI.COM-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meninjau pos polisi pelayanan terpadu di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, di masa libur natal dan tahun baru, Jumat (30/12/2022).

Menhub bersama Menko PMK menggelar rapat koordinasi (rakor) di pospol Cikopo untuk memberikan sejumlah arahan dan sekaligus mendengarkan laporan dari sejumlah pemangku kepentingan, terkait situasi dan kondisi lalu lintas di wilayah Cikopo dan sekitarnya.

“Secara umum tadi dilaporkan oleh Jasa Marga dan Korlantas Polri, persiapan yang sudah dilakukan sudah cukup baik,” ujar Menko Muhadjir.

Ia meminta seluruh pihak untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang terjadi di penghujung tahun. “Harus diwaspadai betul cuaca yang sedang tidak bersahabat. Karena sangat berisiko terjadi tanah longsor, jalur licin, dan lain-lain. Untuk itu, perlu perhatian khusus pada jalur yang ada tanjakan-tanjakan diawasi dengan baik,” ucap Menko Muhadjir.

BACA JUGA:  Jaksa Agung ST Burhanuddin Lepas Mudik Bareng Jaksa Agung 2024

Lebih lanjut, Menko Muhadjir juga mengingatkan agar melakukan pengawasan terhadap kelaikan dari bus-bus pariwisata dan melakukan tindakan tegas jika menemukan bus pariwisata yang tidak layak.

Sementara itu, Menhub menjelaskan, wilayah Cikopo merupakan salah satu titik yang krusial terjadi kepadatan. “Alhamdulillah berkat kolaborasi Polres, Dishub, dan pihak terkait lainnya, sejauh ini arus lalu lintas masih bisa terkendali,” tutur Menhub.

Menhub meminta para petugas untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pada arus balik yang akan terjadi mulai tanggal 1 Januari 2022, dengan menyiapkan beberapa skenario rekayasa lalu lintas seperti: one way, contra flow, dan lain-lain. “Lakukan dengan baik dan bersahabat,” kata Menhub.

Turut hadir dalam peninjauan, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, perwakilan dari Korlantas, Jasa Marga, serta jajaran Kemenhub. (M-011)

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Bansos untuk Perkuat Daya Beli Masyarakat

Editor: Daton