Menang 2-0 dari Napoli, Salah Beri Sinyal Formasi Favoritnya ke Pelatih Liverpool

Muhamed Salah.
Muhamed Salah. (Foto: CNN Indonesia/Action Images via Reuters/Carl Recine)

JAKARTA,MNITINI.COM-Liverpool menang 2-0 dari Napoli pda laga pamungkas Grup A Liga Champions, Rabu (2/11/2022) dini hari WIB. Kemengan tersebut membuat Mohamed Salah mengirimkan pesan kepada pelatih Liverpool Jurgen Klopp perihal formasi favoritnya.

Melansir Republika, Salah memecah kebuntuan pada menit ke-85 di Anfield ketika ia melanjutkan bola rebound dari sundulan Darwin Nunez yang diselamatkan oleh Alex Meret. Nunez kemudian menggandakan keunggulan Liverpool pada injury time.

Itu merupakan penampilan solid dari Liverpool, yang menahan Napoli lebih banyak di daerah sendiri sekaligus menjadi tim pertama yang menaklukkan mereka dalam 21 pertandingan, rekor yang berlangsung sejak April. Klopp membuat empat perubahan dari tim yang dikalahkan 2-1 oleh Leeds pada Minggu (30/10/2022). Ia kembali ke formasi khasnya 4-3-3, dengan Salah di kanan, Roberto Firmino di tengah, dan Curtis Jones di kiri.

BACA JUGA:  Empat Pemain Persebaya Absen Kontra Bali United

Setelah memainkan posisi 4-4-2 dalam beberapa pekan terakhir, Salah mengakui bahwa dia menikmati kembalinya ke bentuk yang biasa dia mainkan saat Klopp menggunakan formasi 4-3-3 yang menurutnya terasa lebih nyaman.

“Namun itu bukan pekerjaan saya, itu pekerjaan pelatih (menentukan formasi tim),” jawabnya ketika ditanya oleh BT Sport apakah 4-3-3 membuat segalanya lebih mudah baginya.

“Posisi apa pun membuat saya nyaman. Saya senang tentang hal itu. Saya telah memainkan posisi itu selama lima atau enam tahun, jadi saya harus mengatakan ya bahwa posisi itu adalah yang terbaik untuk saya. Namun saya bukan manajer, dia yang memutuskan taktik dan sebagai pemain Anda harus mengikuti pemimpin,” jelasnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Serahkan Bonus Atlet Peraih Medali SEA Games

Salah juga lega mengetahui bahwa dia namanya dinyatakan sebagai pencetak gol pembuka, yang dikonfirmasi oleh VAR. Dia mengatakan bahwa, di lapangan, tidak jelas apakah bola sudah melewati garis dari sundulan Nunez sebelum dia mwmanfaatkan bola rebound dari penyelamatan Meret.

“Siapa pun bisa mencetak gol, yang terpenting adalah kemenangan tim. Sebagai seorang striker, saya suka mencetak gol. Darwin suka mencetak gol. Kami berdua melakukannya,” kata Salah.

Salah menyebut kemenangan melawan Napoli di laga pamungkas grup sangat penting bagi tim. Ia menilai kemenangan ini akan membuat tim lebih percaya diri, terutama karena mereka menampilkan permainan yang bagus dengan ataupun tanpa bola.

BACA JUGA:  Hadapi Kroasia, Pelatih Argentina Sebut Angel Di Maria Siap Dipasang Sebagai Starter

“Kami mencoba merebut bola dengan cepat. Seperti yang Anda lihat, di liga kami tidak tampil bagus, tapi mudah-mudahan kami bisa memberi diri kami sedikit dorongan. Kami hanya perlu memenangkan lebih banyak pertandingan di liga,” ujarnya.

Sumber: Republika.co.id