Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Capai 36.000 Orang

Petugas melakukan Pencarian korban gempa di Turki. (Foto: Shenzhen Rescue Volunteers /Handout/Anadolu Agency via Getty Images)
Petugas melakukan Pencarian korban gempa di Turki. (Foto: Shenzhen Rescue Volunteers /Handout/Anadolu Agency via Getty Images)

ANKARA- Korban tewas akibat gempa berkekuatan M 7,8 wliayah Turki bagian selatan dan Suriah bagian Utara terus bertambah. Sejauh ini, lebih dari 36.000 orang dikonfirmasi tewas akibat gempa kuat yang mengguncang sepekan lalu itu.

Data terbaru dari otoritas Turki dan Suriah menyebutnya sedikitnya 36.217 orang tewas akibat gempa kuat tersebut. Gempa mengguncang wliayah tersebut pada Senin (6/2/2023) pekan lalu dan jumlah korban tewas dilaporkan terus bertambah setiap harinya. Banyak rumah-rumah dan bangunan tempat tinggal yang hancur akibat gempa tersebut.

Secara spesifik, data terbaru dari Pusat Koordinasi Darurat Turki SAKOM melaporkan sedikitnya 31.643 orang tewas akibat gempa di wilayah Turki. Puluhan ribu orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa. Namun laporan Kementerian Kesehatan Turki menyebut sekitar 19.300 korban luka hingga kini masih menjalani perawatan medis di rumah-rumah sakit setempat.

BACA JUGA:  Bule AS Bikin Heboh di Medsos, Ajak Kerabat Pindah ke Bali, Imigrasi Lacak Keberadaanya

Jumlah korban luka yang dirawat di rumah sakit itu mencakup 3.636 orang yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) dan sebanyak 8.851 orang lainnya yang harus menjalani operasi akibat luka dan cedera yang mereka alami.

Tidak dijelaskan lebih lanjut kondisi para korban luka. Namun sejumlah korban luka itu dilaporkan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.
Di Suriah, jumlah korban tewas akibat gempa dilaporkan bertambah menjadi sedikitnya 4.574 orang sejauh ini.

Angka itu terdiri atas 3.160 orang yang, menurut Kementerian Kesehatan Pemerintahan Keselamatan, tewas di area-area yang dikuasai oposisi di wilayah Suriah bagian barat laut, dan 1.414 orang lainnya yang, menurut kantor berita SANA, tewas di wilayah-wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah. (M-003)

BACA JUGA:  Gempa Bermagnitudo 5,9 Terjadi di Sulut
  • Editor: Daton