Kookmin Bank Siap Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Bukopin

Karyawan Kookmin Bank di Kantor Perwakilannya di Kamboja

BALI, MENITINI.COM Nama Kookmin Bank dipastikan menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin. Manajemen Kookmin setuju untuk menjadi pembeli siaga (stanby buyer) pada Penawaran Saham Terbatas V. Begitu juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan lampu hijau.

Bank asal Korea Selatan itu telah menempatkan dana di rekening penampung (escrow account) sebagai komitmen untuk menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin.Namun, menjelang hari H, restu dari otoritas di negaranya belum didapatkan.

Otoritas Jasa Keuangan telah menerima pernyataan Kookmin Bank, grup finansial terbesar di Korea Selatan, yang saat ini memiliki 22% saham Bank Bukopin telah siap menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas dengan mengambil alih kepemilikan sekurang-kurangnya 51% saham Bank Bukopin.

BACA JUGA:  Pemerintah Diminta Tidak  Terbitkan Izin Toko Swalayan Berjejaring Nasional, Ini Alasannya

Kookmin Bank yang saat ini tercatat sebagai peringkat 10 besar Bank di Asia, dengan total aset per 31 Desember 2019 mencapai sebesar Rp4.675 Triliun, akan memperkuat permodalan Bank, mendukung likuiditas dan pengembangan bisnis bank di Indonesia.

Kookmin Bank saat ini telah menyediakan sejumlah dana diescrow account untuk menjadi pemegang saham pengendali dalam memperkuat permodalan dan likuiditas Bank Bukopin.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusra, Elyanus Pongsoda, Minggu (14/6/2020) mengakui OJK menyambut baik dan mendukung rencana Kookmin Bank yang akan memperkuat permodalan dan tata kelola Bank Bukopin, termasuk membentuk manajemen yang profesional untuk mendukung inisiatif peningkatan bisnis. “Hal tersebut mencerminkan kepercayaan investor terhadap kinerja industri perbankan dan prospek perekonomian nasional,” katanya

BACA JUGA:  Jaga Kepercayaan Masyarakat, Pegawai OJK Dituntut Jaga Integritas

Seperti PT Bank Bukopin Tbk. membutuhkan dana segar untuk meningkatkan permodalan. Menurut rencana, perseroan akan melakukan penawaran saham terbatas pada 18 Juni 2020. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*