Kemeriahan Holly Festival di Lapangan Puputan Badung

DENPASAR,MENITINI.COM-Konsulat Jenderal India dan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali (SVCC Bali) bekerja sama dengan Balinese & Indian Friendship Association (BIFA) menyelenggarakan perayaan Holi – Festival Warna bertema ‘Gulal’ pada Minggu pagi (24/3/2024) di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Bali. Sekitar 500 orang ramai bermain Holi sebelum perayaan dimulai.

Perdana Menteri India Pandit Jawaharlal Nehru memberikan sambutan kepada masyarakat Bali selama kunjungan kenegaraannya di Indonesia. “Di lapangan ini kembali menjadi tempat untuk menegaskan kembali hubungan antara India dan Indonesia dan Bali pada khususnya. Selain itu, acara Holi yang dirayakan tahun ini juga menandai 75 tahun hubungan diplomatik India-Indonesia,” ujarnya.

Perayaan diawali dengan penyalaan lampu oleh Konsul Jenderal, Direktur SVCC Bali dan tokoh setempat.

BACA JUGA:  Keunikan Budaya 38 Provinsi di Indonesia akan Hadir di 10th World Water Forum

Sejumlah penampilan budaya tiga kelompok tari memberi warna pada acara istimewa yang jatuh pada bulan purnama tersebut, termasuk rombongan tari rakyat India Pratibha Kala Kendra. Kelompok ini terdiri dari penari dan penyanyi yang dipimpin oleh Pratibha Sharma, seorang ahli tari Charkula dan tarian rakyat terkenal di wilayah Braj, negara bagian Uttar Pradesh. Kelompok ini menampilkan tarian Bavayii, Mayur Ras, Kaalbeliya, phoolon ki Holi dan Barsane ki Latthmaar Holi yang menyoroti festival perayaan warna di Rajasthan dan Uttar Pradesh serta kisah cinta antara Radha dan Krishna.

Penampilan lainnya dari guru tari bersama siswi SVCC Bali dan ISI Denpasar menampilkan tarian sukacita tari rakyat Holi dan Sambalpuri dari negara bagian Odisha. Selain itu, grup tari India di Bali juga membuat acara semakin seru dengan penampilan tari Bollywood mereka yang hidup dan dinamis. Acara ditutup dengan penampilan DJ yang membawakan lagu-lagu Holi yang penuh semangat dan enerjik. (M-011)

  • Editor: Daton