Kementerian Perhubungan RI Luncurkan “Pameran Kendaraan Bermotor Listrik
Berbasis Baterai” 2022, Kolaborasi Future SME’s Village

Kementerian Perhubungan RI Luncurkan “Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai” 2022, Kolaborasi Future SME’s Village
Kementerian Perhubungan RI Luncurkan “Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai” 2022, Kolaborasi Future SME’s Village. (Foto: ist)


DENPASAR,MENITINI.COM-Kementerian Perhubungan Republik Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM resmi membuka Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022. Pameran ini adalah bentuk komitmen dan dukungan pemerintah Republik Indonesia dalam mensukseskan pelaksanaan KTT G20, dan memperkenalkan kepada dunia adanya kolaborasi yang sinergi dalam mendukung kreativitas masyarakat dan industri.

Pelaksanaan opening ceremony kolaborasi ini dilaksanakan di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua, Bali yang dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Diaz Hendropriyono; Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer; Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati; Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno; Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid; Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah
(Dekranasda) Jawa Barat, Atalia Praratya; dan Pimpinan Tinggi Madya/Pratama di Lingkungan Kementerian dan Lembaga Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Oli Gardan Mobil Harus Diganti, Ini Ciri-cirinya

“Presidensi G20 bagi kami menjadi momentum bagi Koperasi dan UKM agar dapat beradaptasi dengan isu-isu strategis yang diangkat, seperti usaha berkelanjutan di tengah pandemi, transformasi digital, serta model bisnis yang mengadopsi transisi produksi ke arah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan pemanfaatan energi terbarukan.” ucap Menteri Koperasi dan UKM.

“The Future SME Village didedikasikan untuk delegasi dan masyarakat umum untuk menikmati UMKM masa depan. Future SMEs yang dibagi dengan 5 kategori, yaitu Future Mobility, Future Craft, Future Fashion, Future Food, dan Future Wellness. Kami menamakan Future SMEs karena kita harus melakukan evolusi terhadap UMKM kita. Evolusi untuk terus meningkatkan kualitas, mutu, evolusi untuk mulai masuk juga ke produk2 yang berbasis kreativitas dan ada sentuhan teknologi, science, dan evolusi dalam mengembangkan model bisnisnya.

BACA JUGA:  Konversi Kendaraan BBM ke Listrik Kurangi Emisi CO2

Pengalaman yang bisa kita dapat dalam kegiatanini adalah kendaraan listrik, untuk mendukung transisi global ke energi terbarukan, sekaligus mempromosikan dan mensosialisasikan program masa depan yang berkelanjutan. Melalui kegiatan Future SME Village Local Wisdom For Global Sustainability, diharapkan dapat menjadi katalis pendorong bagi keberlanjutan pertumbuhan UMKM Indonesia serta peningkatan investasi pada UMKM dalam negeri, mengingat saat ini 80% investor global berasal dari negara G20. Kedepan, kita berharap UMKM Indonesia dapat terus menggerakan ekonomi lokal dan nasional, serta menciptakan pemulihan ekonomi yang kuat dan berkelanjutan.” jelas Teten Masduki.