Kelompok Rentan, Lansia jadi Prioritas Penerima Vaksinasi Covid-19 

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) saat menghadiri acara Bakti Sosial Pemberian Bantuan kepada Lansia di RS Balimed Negara, Rabu (24/8). (foto: ist)

NEGARA,MENITINI.COM-Sebagai kelompok rentan tertular, warga lansia (lanjut usia) mendapat prioritas dari Pemkab Jembrana sebagai penerima vaksinasi covid-19.

Mereka dianggap kelompok rentan dan  mudah tertular Covid-19. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) saat menghadiri acara Bakti Sosial Pemberian Bantuan kepada Lansia di RS Balimed Negara, Rabu (24/8/2022).

“Pemerintah Kabupaten Jembrana telah memasukkan isu Lansia sebagai salah satu dari program prioritas kabupaten yang dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa lansia adalah bagian dari kita semua. Sehingga sudah seharusnya tetap bahagia dan produktif sesuai dengan kapasitas dan kualitas kesehatannya,” ucap Wabup Ipat.

Wabup Ipat mengatakan salah satu bentuk program prioritas pemerintah kabupaten kepada para lansia adalah dengan pemberian makanan jadi dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan gizi minimal yang diperlukan para lansia.

BACA JUGA:  Kelompok Tani Kakao Merta Abadi Jembrana, Mampu Hasilkan 2 Ton Tiap Minggu

“Perhatian Pemkab Jembrana kepada para lansia dengan memberikan bantuan yang tahun dimulai kepada lansia non potensial berupa Boga Tresna Werdha berupa makanan jadi yang diberikan sebanyak dua porsi dalam sehari yang ditujukan bagi lansia miskin atau kurang mampu dan/atau terlantar,” ujarnya.

Wabup Ipat menambahkan, Pemkab Jembrana juga telah memberikan pelayanan home care yaitu pelayanan kesehatan kunjungan ke rumah-rumah yang dapat dimanfaatkan para lansia dalam mengecek kesehatannya.

“Melalui program JKJ Plus dengan tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, berupa pelayanan homecare, emergency medical service dan aplikasi medcare untuk konsultasi kesehatan online, saya berharap Rumah Sakit Balimed juga dapat ikut berpartisipasi serta menumbuhkan dan menjaga kesehatan masyarakat Jembrana,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Ground Breaking Tol Jagatkerti Gilimanuk - Mengwi, Ditarget Rampung Tahun 2025

Sementara itu Direktur RS. Balimed Negara, dr. I Gede Putu Dhinarananta mengatakan kegiatan bhakti sosial merupakan agenda tahunan, khusus untuk pelaksanaan hari ini serangkaian dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77. 

“Kegiatan ini sudah rutin kita lakukan setiap tahun, khususnya hari ini bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 jadi kita melakukan bakti sosial untuk para lansia yang berada di sekitar Rumah Sakit Balimed tujuannya ada kontribusi Balimed kepada masyarakat sekitar,” pungkas dr. Dhinarananta. (rls)