Jelang Puncak Pujawali di Pura Penataran Ped, Trip Penyeberangan ke Nusa Penida Ditambah

KLUNGKUNG,MENITINI.COM-Jelang acara puncak Pujawali di Pura Penataran Ped, Nusa Penida, Rabu (29/11/2023), Syahbandar Nusa Penida, Wilayah Kerja Kusamba mulai menyiapkan penambahan trip penyeberangan.

Peningkatan aktivitas penumpang mulai terlihat di Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan.

Syahbandar Nusa Penida, Wilayah Kerja Kusamba, I Wayan Wijaya mengatakan warga Nusa Penida yang selama ini merantau ke luar Bali, seperti Sumatera bahkan Sulawesi sudah mulai pulang kampung. Mereka secara khusus mudik agar bisa berkumpul dengan keluarga di Nusa Penida saat Pujawali di Pura Penataran Ped.

“Biasanya seperti itu, sudah H-2 Pujawali, mulailah banyak warga Nusa Penida yang selama ini tinggal di Sulawesi atau luar Bali pulang kampung,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kabupaten Jembrana Terima Rp.778,72 Miliar dari Alokasi Transfer ke Daerah 

Selain warga perantauan, Wijaya memprediksi puncak lonjakan penumpang ke Nusa Penida akan terjadi pada H-1 pujawali. Ketika itu, tidak hanya warga asli Nusa Penida, tetapi dari kabupaten lain yang hendak bersembahyang di Pura Penataran Ped. Untuk itu, sebagai antisipasi lonjakan penumpang, pihaknya sudah menyiapkan penambahan trip penyeberangan. Jumlahnya menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Apabila terjadi penumpukkan penumpang, maka dalam sehari bisa ditambah 1-2 trip.

“Kalau normalnya dalam sehari ada 8 kali trip, tetapi H-1 Pujawali di Pura Ped biasanya terjadi lonjakan penumpang. Rencananya akan kami tambah 1-2 trip sehari. Menyesuaikan dengan kondisi di pelabuhan. Mengingat sekarang penumpang kan tidak hanya terpusat di Pelabuhan Tribuana,” ungkap Wijaya.

BACA JUGA:  Dandim Lamongan Berangkatkan Bantuan Pangan dari Pangdam dan Kapolda Jatim

Sementara terkait kondisi cuaca, Wijaya menyampaikan beberapa hari ini cuaca sangat baik. Sehingga diyakini aktivitas penyeberangan akan berjalan dengan normal dan lancar.

“Cuaca sangat mendukung, lihat saja ombaknya tenang seperti di danau. Kalau seperti ini, penyeberangan dan bongkar muat penumpang akan berjalan dengan aman dan lancar,” imbuhnya. (M-003)

  • Editor: Daton