Biar Ramadhan Makin Barokah, Ini 4 Jurus Jitu Anti Lemas Saat Puasa!

Jurus jitu anti lemas saat puasa Ramadhan
Jurus jitu anti lemas saat puasa Ramadhan. Foto: pexels)

DENPASAR,MENITINI.COM – Ramadhan adalah momen untuk mengisi hari dengan berpuasa, perbuatan baik dan amal. Sedangkan waktu malam dengan doa yang membangkitkan semangat menuju kebaikan. Namun, rutinitas puasa Ramadhan dan perubahan jam tidur dapat berdampak buruk pada tubuh. Disinilah pentingnya menjaga asupan nutrisi dan hidrasi supaya tetap berstamina sepanjang siang dan malam. Tingkat energi dalam sehari ditentukan oleh apa yang kita makan. Tubuh mengubah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi harian. Oleh karena itu, jika pola makan Anda kurang ideal, Anda menjadi mudah lelah dan lemas saat berpuasa. Lantas langkah apa saja yang harus kita lakukan supaya terhindar dari lemah, letih, lesu saat berpuasa? Simak 4 tips jitu berikut!

BACA JUGA:  Sebaran Covid-19, Jakarta Pecah Rekor, Susul Tiga Jawa dan Sulsel, Bali Urutan Sembilan

1. Makanan Bergizi Seimbang Dalam Periode Makan

Makanlah dalam porsi utuh dengan kadar gizi yang seimbang dalam periode jam makan. Gizi yang cukup dan imbang dalam satu porsi makan berguna mengoptimalkan energi dan mengurangi kelelahan dalam periode puasa. Pastikan konsumsi makanan yang bertahan lama sehingga tubuh tidak cepat memberi sinyal lapar pada otak. Ubahlah menu klasik musiman selama puasa Ramadhan. Kombinasikan elemen berikut dalam tiap porsi hidangan Anda:

  • Protein : Telur, daging, ayam, ikan, Greek yogurt, kacang-kacangan, quinoa dan biji-bijian
  • Karbohidrat kompleks : Tepung gandum utuh, roti gandum utuh, oat, beras merah, bulgur, ubi jalar
  • Vitamin dan Serat : wortel, bit, labu-labuan, sayuran berdaun hijau, bawang, tomat, paprika, kurma, beri, apel, plum, pir, dan pisang.
  • Lemak Sehat : Kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, alpukat, minyak kelapa, minyak zaitun, salmon, mackerel, dan sarden.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*