Giri Prasta-Bintang Puspayoga Dampingi Puan Maharani Lepas Tukik di Pantai Pandawa

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani melepas tukik di Pantai Pandawa Kutuh.
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani melepas tukik di Pantai Pandawa Kutuh. (Foto: ist)

NUSA DUA-MENITINI.COM- Ketua DPR RI, Puan Maharani melakukan Kunjungan Kerja (Kunja) ke Pantai Pandawa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan dan ke Desa Sedang Kecamatan Abiansemal, Rabu (28/9).

Kunja tersebut berkaitan program Kebijakan Menuju Ekonomi Biru, Cintai Laut Dengan Aksi Nyata. Hadir mendampingi dalam acara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, IGA Bintang Darmawati, Anggota DPR RI I Made Urip, Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Sekda Badung Adi Arnawa serta pejabat terkait lainnya.

Saat mengunjungi Pantai Pandawa, Puan Maharani sempat melakukan kegiatan transplantasi terumbu karang, melakukan pelepasan tukik, berdiskusi terkait gerakan bersih-bersih pantai, melihat penataan kios/warung masyarakat, serta mengunjungi stand yang tersedia di kawasan.

BACA JUGA:  Ketum Golkar Instruksikan Kader di Daerah Rangkul PPP dan PAN

Sementara di Desa Sedang, Ia sempat melaksanakan penanaman padi di salah satu sawah warga, dengan tajuk ‘Puan Menanam, Masyarakat Memanen’. Ia juga sempat meninjau stand UMKM, serta berdiskusi dengan sejumlah warga.

Dalam sambutannya, Puan Maharani mengatakan bahwa kehadirannya ke Kabupaten Badung adalah untuk melihat secara langsung infrastruktur dan kios-kios di seputaran Pantai Pandawa.  

Ia berharap nantinya DTW tersebut dapat lebih baik, lebih bersih, serta representatif untuk wisatawan dan masyarakat yang berkunjung.  Dari laporan yang ia terima, ada sebanyak 51 kios yang dibangun (renovasi) di pantai pandawa.

Renovasi kios itu dimulai pada bulan Oktober mendatang dan ditargetkan rampung pada bulan Desember, untuk nantinya langsung dapat ditempati. “Tadi juga saya sudah pesan harus baik, bersih kemudian terawat. Sehingga kalau datang kesini semuanya itu tertata dengan baik, Bali bisa menjadi lebih bagus lebih baik dan kebersihannya terjaga,” kata Puan.

BACA JUGA:  Ratusan Ribu Relawan Jokowi Diklaim Datang ke GBK

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga ekosistem laut demi keberlangsungan pariwisata laut. Dengan upaya itu diharapkan nantinya dapat lebih mensejahterakan masyarakatnya.

Saat berkunjung ke Desa Sedang, Puan Maharani berkomitmen mendorong petani untuk melihat perkembangan teknologi, agar hasil pertanian nantinya lebih produktif. Dengan demikian maka kesejahteraan masyarakat dapat semakin meningkat. Hal itu sekaligus menekankan untuk dana desa dapat dialokasikan untuk membangun infrastruktur pertanian setempat. “Kehadiran saya di Kabupaten Badung adalah untuk menanam padi dan biarkan rakyat nanti yang memanen. Selama ini orang hanya fokus pada hasil panennya saja, padahal proses dari sebelum panen itu panjang dimulai dari kita menanam,”ucapnya. M-003

BACA JUGA:  Selama PSBB, KK di Badung Terima Rp 300 Ribu, Giri Prasta : UU Membolehkan