Jumat, 21 Juni, 2024

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/ Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Syafrial, PSC., M.Tr. (Foto: Istimewa)

AMBON,MENITINI.COM-Komando Daerah Militer (Kodam) Pattimura telah resmi berganti. Sebelumnya XVI, kini menjadi XV. Pergantian nomenklatur ini sekaligus Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam ikut berganti dari tanggal 15 menjadi 27 Mei. Usia Kodam Pattimura sudah 67 tahun.

“Hal ini berdasarkan surat keputusan Kasad Nomor: KEP/155/II/2024, Tanggal 28 Februari 2024 Tentang perubahan nama satuan dan hari jadi Kodam XV/Pattimura” jelas Pangdam Mayjen TNI Syafrial dalam acara syukuran HUT Kodam di Baileo Selamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Senin, 27 Mei 2024.

Lulusan Akademi Militer 1990 ini berharap, HUT ini hendaknya dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja dengan melakukan introspeksi dan evaluasi secara jujur atas kinerja yang telah dilakukan.

“Dengan melakukan evaluasi dan introspeksi, semua kekurangan dan keberhasilan yang telah dicapai dapat dijadikan masukan dan perbaikan pada pelaksanaan tugas di masa yang akan datang,” pesan dua bintang dipundaknya itu.

BACA JUGA:  Jalan Longsor di Desa Balime, Satgas Rusa Hitam Turun Tangan

Dalam kurun waktu 67 Tahun, lanjut Pangdam, berbagai pelibatan dan penugasan telah banyak menorehkan prestasi dan karya-karya terbaik dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Keberhasilan tugas tersebut tentu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dengan semua komponen bangsa di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Putra Minang, kelahiran 18 September 1967 ini mengucapkan terima kasih kepada unsur TNI/Polri, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Maluku dan Maluku Utara atas kerjasama dan dukungan yang selama ini telah diberikan kepada Kodam XV/Pattimura.

Pangdam menyebut, Kodam XV/Pattimura mampu mengoptimalkan peran dan fungsinya, dalam menjaga kedaulatan Bangsa dan negara di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Tunjuk Tonny Harjono Jabat KSAU

Sementara Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum mengaku, peralihan nomenklatur Kodam XVI ke Kodam XV/ Pattimura sempat diberitahukan Pangdam sebelumnya, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa.

“Saya mengikuti proses ini, waktu Pak Ruruh (Mantan Pangdam) pernah menyampaikan kepada saya bahwa akan ada penyesuaian kembali hari ulang tahun Kodam XV Pattimura, dan saya sangat mendukung sekali,” ujar Kapolda.

Dikatakan, peralihan Kodam XV bukan pekerjaan biasa, sehingga perlu mendapatkan apresiasi yang tinggi.

“Tidak mudah memberikan penjelasan dan mengembalikan Kodam sesuai dengan sejarah berdirinya, dan kita patut memberikan apresiasi kepada Pangdam dan jajaran,” sebut Kapolda.

Kapolda mengatakan, acara syukuran HUT Kodam XV Pattimura hari ini dihadiri oleh seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA:  Letkol Wira Pimpin Kenaikan Pangkat Prajurit Kodim Lamongan

“Saya bekerja dengan Panglima tidak akan berhasil apabila tidak mendapatkan dukungan dan peran aktif para tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda dalam menjaga dan menciptakan rasa aman dan damai di Maluku ini,” ucapnya. 

Kapolda mengatakan, Kodam XV memiliki program unggulan Basudara Pattimura, sementara Polda Maluku mempunyai Basudara Manise.

“Program-program ungulan ini sebenarnya merupakan salah satu wujud kami untuk menjaga Maluku ini agar menjadi daerah yang aman, damai dan sejahtera,” sebutnya.

Kapolda juga mengajak Forkopimda Maluku dan seluruh elemen masyarakat agar dapat terus bersinergi dalam mewujudkan wilayah ini yang aman dan kondusif. (M-009)

  • Editor: Daton