BPSDM Kemendagri Latih ASN melalui Optimalisasi Penguasaan Presentation Skill

BPSDM Kemendagri Latih ASN melalui Optimalisasi Penguasaan Presentation Skill
BPSDM Kemendagri Latih ASN melalui Optimalisasi Penguasaan Presentation Skill. (Foto: ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Webinar Satu Hari Belajar Terintegrasi (SAHABAT), Rabu (26/10/2022). Webinar ini digelar untuk memberikan pelatihan tentang penguasaan keterampilan dalam presentasi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono dalam sambutannya mengatakan, presentasi yang efektif akan membuat seseorang mampu menyampaikan informasi secara sistematis, singkat, dan jelas. Tujuannya beragam, mulai dari yang bersifat informatif (pesan) sampai dengan persuasif (pesan dan kesan).

Lebih lanjut Sugeng menambahkan, tema webinar kali ini menarik untuk menunjang pengembangan karier dan kepercayaan diri pegawai. Hal tersebut dilakukan melalui penyiapan presentasi yang efektif, baik untuk diri sendiri maupun kepada pimpinan.

BACA JUGA:  Bupati Bares, Giri Prasta Anggarkan Rp114 Miliar untuk Tanggap Darurat

“Hampir setiap hari kita punya kebutuhan presentasi bukan sekadar sebagai alat pelengkap untuk menjelaskan sesuatu, namun dalam pembelajaran, presentasi yang baik bila dibuat menjadi sangat menarik. Maka, tema ini bisa menunjang kinerja kita ketika bisa mempresentasikan sesuatu dari kebijakan, informasi dengan suatu tayangan yang menarik, informatif dan ringkas,” jelas Sugeng.

Adapun webinar ini turut menghadirkan narasumber yang merupakan professional trainer dari World Scope Corporate College (WSCC) Iwan Permana. Senada dengan Sugeng, Iwan menyampaikan, seseorang perlu mempersiapkan diri dalam mempresentasikan materi yang akan disampaikan tanpa tergantung dengan peralatan. Keterampilan presentasi juga dapat memberikan kepuasan kinerja organisasi melalui penjelasan yang telah disiapkan.

BACA JUGA:  Jumlah Korban Meninggal dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan

Di akhir paparannya Iwan mengatakan, belajar presentasi diibaratkan seperti orang berenang yang memerlukan praktik secara terus menerus. Dengan upaya itu, maka presentasi akan lebih optimal.