Minggu, 26 Mei, 2024

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.I.K., M.H. (Foto: Istimewa)

DENPASAR,MENITINI.COM-Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengimbau bagi masyarakat yang akan mudik atau pulang kampung, agar memperhatikan beberapa hal agar rumah atau kontrakannya dalam kondisi aman selama ditinggalkan. Antara lain memperhatikan kompor dan listrik agar tidak menjadi pemicu kebakaran. 

Pemudik juga harus memperhatikan seluruh pintu, termasuk pintu gerbang, pintu rumah dan pintu kamar. Tidak meninggalkan barang berharga yang bisa memancing pelaku kejahatan. Misalnya sepeda motor diparkir di depan rumah. 

“Titipkan rumah ke tetangga. Jangan sampai rumah ditinggalkan dalam kondisi tidak diawasi. Titip ke tetangga biar hanya untuk melihat dari luar, kalau rumah itu tidak ada orang tak dikenal masuk tanpa izin,” harap Kombes Jansen. 

BACA JUGA:  Pemudik Naik 56% Tahun 2024, Kapolri Atur Strategi Agar Mudik Aman dan Nyaman

Ia juga menyatakan saat ini secara keseluruhan kondisi Bali aman dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun demikian pihaknya tetap meminta masyakarat untuk sama-sama menjaga situasi kondusif dengan baik. 

“Menjaga keamanan adalah tugas kepolisian tetapi membutuhkan dukungan dari masyarakat. Minimal masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dalam hal menjaga keamanan untuk diri sendiri,” ungkapnya. (M-011)

  • Editor: Daton

TERKAIT