Alibaba Cloud Perkenalkan Model AI Image Generation Tongyi Wanxiang

JAKARTA,MENITINI.COM- Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi milik Alibaba Group, pada Jumat (7/7/2023) meluncurkan model penghasil gambar berbasiskan AI (AI Generation Model) terbarunya, Tongyi Wanxiang (Wanxiang: puluhan ribu gambar) di World Artificial Intelligence Conference 2023.

Versi mutakhir dari model AI generative ini sekarang tersedia untuk perusahaan di Tiongkok untuk pengujian beta terbatas.

Selain itu, pionir cloud ini mengumumkan peluncuran ModelScopeGPT, kerangka kerja serbaguna yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan fungsi AI yang kompleks dan spesifik di berbagai bidang mulai dari bahasa, vision, dan percakapan dengan memanfaatkan beragam model AI di ModelScope. ModelScope adalah platform Model-as-a-Service (MaaS) sumber terbuka (open-source) yang diperkenalkan oleh Alibaba Cloud tahun lalu, yang dilengkapi lebih dari 900 model AI.

BACA JUGA:  Teknologi AI Tingkatkan Keselamatan dan Produktivitas Tambang Batubara

“Tongyi Wanxiang merepresentasikan pencapaian signifikan lainnya dari usaha kami dalam mengembangkan model AI generative paling canggih sebagaimana kami terus mengeksplorasi teknologi pengubah paradigma yang memperkuat bisnis dan komunitas agar maksimal mengeluarkan  kreativitas dan produktivitas,” kata Jingren Zhou, CTO Alibaba Cloud Intelligence.

“Dengan dirilisnya Tongyi Wanxiang, ilustrasi gambar berkualitas tinggi dari generative AI akan lebih mudah diakses, berkontribusi pada pengembangan seni AI yang inovatif dan ekspresi kreatif bagi bisnis di berbagai sektor, termasuk e-commerce, game, desain, dan periklanan.”

Memperkenalkan Tongyi Wanxiang sebagai Image Generation

Model AI generatif ini piawai dalam menjalankan berbagai fungsi, merespons perintah teks dalam bahasa Mandarin dan Inggris untuk menghasilkan gambar yang mendetail dalam berbagai gaya, termasuk cat air, cat minyak, dan lukisan Tiongkok hingga animasi, sketsa, ilustrasi datar, dan kartun 3D. Selain itu, model ini dapat mengubah gambar apa pun menjadi gambar baru dengan gaya yang serupa dan menata gambar melalui proses transfer gaya dengan mempertahankan materi gambar asli sambil menerapkan gaya visual gambar lain.

BACA JUGA:  Rayakan Tahun Baru Imlek, Xbox Keluarkan Penawaran Ekslusif PC Game Pass Rp. 14,999, Ini Waktunya

Ditopang oleh teknologi inovatif Alibaba Cloud dalam manajemen wawasan, visual AI, dan natural language processing (NLP), model ini memanfaatkan beragam materi bahasa guna peningkatan uji coba. Model ini memiliki kemampuan pemahaman semantik yang mumpuni, sehingga menghasilkan gambar yang lebih akurat dan relevan secara kontekstual.

Selain itu, dengan mengoptimalkan proses kombinasi resolusi tinggi berdasarkan rasio signal-to-noise, model ini dapat menyeimbangkan antara keakuratan komposisi dan ketajaman detail sementara tetap meningkatkan kinerjanya demi menghasilkan gambar yang kontras dan memukau secara visual dengan latar belakang yang bersih.

Tongyi Wanxiang dikembangkan menggunakan Composer, model skala besar milik Alibaba Cloud dengan memberikan keleluasan mengontrol pada hasil akhir gambar, seperti tata letak spasial dan palet, dengan tetap mempertahankan kualitas sintesis gambar dan kreativitas.

BACA JUGA:  Samsung Umumkan Peluncuran Seri Galaxy S Terbaru, Era Baru Mobile AI

Beberapa contoh text-to-image yang dihasilkan oleh Tongyi Wanxiang:

Prompt: Visualisasikan lanskap kota pada senja hari, sebuah dunia yang memadukan arsitektur modern dengan estetika anime yang memikat.
Prompt: Visualisasikan lanskap kota pada senja hari, sebuah dunia yang memadukan arsitektur modern dengan estetika anime yang memikat.
Prompt: Alam yang indah dipadukan kepada tanda lingkaran tak terbatas dengan warna-warna cerah
Prompt: Alam yang indah dipadukan kepada tanda lingkaran tak terbatas dengan warna-warna cerah

(M-011/rls)

  • Editor: Daton
Temukan dan ikuti Berita-berita Menitini di Google Berita

Berita Lainnya: