6 Langkah Tangkis Kolesterol Pasca Lebaran

Tips Tangkis Kolesterol
Tips Tangkis Kolesterol (foto: pexels)

DENPASAR, MENITINI.COM – Libur Lebaran dan rangkaian mudik Idul Fitri sudah usai. Hayo, apakah Anda salah satu yang makin lebar dan pegal-pegal setelah lebaran? Hati-hati tanda kolesterol naik ya! Anda bukan satu-satunya kok. Rata-rata populasi mengalami kenaikan kolesterol sebanyak 20% pasca hari raya berdasar penelitian.

Ingat, kolesterol itu bukan hanya angka tunggal. Ada kolesterol baik dan jahat. Nah, umumnya setelah makan-makan besar, kolesterol jahat yang meningkat tajam. Akibatnya badan terasa lebih berat, pegal-pegal dan kurang nyaman saat beraktivitas harian. Belum lagi kalau Anda menjalani tes darah, jangan kaget kalau banyak penanda merah ya pasca libur Lebaran. Sebelum menenggak obat-obatan, Anda perlu langkah strategis untuk merubah gaya hidup terlebih dulu. Simak tips berikut!

BACA JUGA:  BERITA TERKINI: Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 134 Pasien

6 Langkah Tangkis Kolesterol

Setidaknya ada 6 langkah perubahan gaya hidup untuk menangkis peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh pasca makan besar Lebaran. Tentunya untuk keberhasilan tergantung pada niatan Anda sendiri ya. Apa saja tipsnya?

1. Buat piring berwarna

Anda mungkin pernah mendengar tentang piring berwarna atau piring pelangi. Warna-warni dalam sepiring menu adalah kombinasi lebih banyak buah dan sayuran. Cara ini harus dilakukan jika Anda ingin membangun fondasi nutrisi yang sehat. Sebelum Anda makan, putuskan untuk mengawali dengan sayur atau salad. Jika tersedia menu berkuah dan buah kering juga dapat menjadi pilihan. Tentunya yang minimal cocolan ya. Makanan-makanan ini menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Bonusnya berupa tingginya antioksidan dan tidak menimbulkan risiko peningkatan kolesterol seperti halnya hidangan yang kaya lemak jenuh seperti pada menu bersantan.

BACA JUGA:  Thailand Legalkan Ganja Medis, Intip Manfaat dan Efek Sampingnya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*