Senin, 15 Juli, 2024

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna membuka secara resmi Festival Pemuda melalui Kemah Karya Bhakti Pemuda ditandai dengan penyulutan meriam bambu dan pemukulan kulkul Bertempat di Pelataran Pura Rambut Siwi, Jumat (27/10/2023). (Foto: M-011)

JEMBRANA,MENITINI.COM-Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, anak muda Jembrana yang tergabung dalam kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jembrana gelar Festival Pemuda 2023 melalui Kemah Karya Bhakti Pemuda Kabupaten Jembrana.

Mewakili Bupati, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) membuka secara resmi Festival Pemuda melalui Kemah Karya Bhakti Pemuda ditandai dengan penyulutan meriam bambu dan pemukulan kulkul Bertempat di Pelataran Pura Rambut Siwi, Jumat (27/10/2023).

Dalam sambutanya, Wabup Ipat menyampaikan apresiasi kepada pemuda Jembrana yang mempunyai kepedulian sosial tinggi dengan diselenggarakanya Festival Pemuda yang diisi dengan bakti sosial.

“Ini menunjukan bahwa pemuda Jembrana tidak meninggalkan sifat ramah dan gotong royong yang merupakan ciri bangsa Indonesia,” ucapnya.

BACA JUGA:  Festival Irama Musik Sahur (FIMS) ke-26 di Lolan Barat

KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan di Kabupaten Jembrana dikatakanya hendaknya dapat menghimpun dan memberikan pembinaan terhadap pemuda dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan di Jembrana.

“KNPI harus menjadi motor penggerak bagi pemuda untuk bersama-sama berperan aktif, membangun sinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026,” ungkap Wabup Ipat.

Ia berharap pelaksanaan kegiatan tersebut dapat membangun persatuan dan kekompakan antar pemuda yang ada di Kabupaten Jembrana.

“kami berharap festival pemuda ini dapat memberikan efek positif bagi gerakan kemajuan pemuda, meningkatkan tali persaudaraan antar pemuda serta dapat membangun kesadaran tentang arti penting upaya peningkatan kualitas karakter pemuda terutama pemuda di jembrana,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Festival Pemuda KNPI Kabupaten Jembrana, I Gede Prawira Bujangga Waisnawa mengatakan kegiatan itu diisi dengan berbagai aktiftas mulai dari pelatihan, perlombaan hingga bakti sosial dengan konsep kekinian.

BACA JUGA:  Wabup Ipat Apreasiasi Museum PNI Shri Wedastera Suyasa

“ada berbagai materi, termasuk pengembangan potensi diri, kesiapsiagaan bencana hingga posisi strategis dalam menyongsong Pemilu 2024. Selain itu ada pentas seni dan hiburan rakyat, team building, senam masal, bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian sembako bagi lansia dan penyandang disabilitas dari keluarga kurang mampu, aksi bersih pantai serta lomba-lomba,” ujarnya.

Prawira menambahkan kegiatan itu dilaksanakan dengan konsep perkemahan tiga hari dua malam mulai Jumat (26/10) hingga Minggu (27/10) dngan diikuti oleh 300 pemuda dari seluruh kecamatan di Jembrana.

“selain kami menggelar Apel Pemuda serta Apel Ulang Sumpah Pemuda, peserta dari masing-masing kontingen kecamatan juga akan memperebutkan juara umum dengan piala bergilir. Artinya kami berharap kedepannya event ini bisa berkelanjutan dengan tetap memberikan manfaat tidak hanya bagi pemuda tapi juga bagi masyarakat,” ungkapnya. (M-011)

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Pengaman Pantai Pebuahan, Jembrana Mulai Dikerjakan Bulan Ini