Senin, 24 Juni, 2024

JAKARTA,MENITINI.COM-TikTok Shop, bagian dari platform TikTok yang memadukan konsep hiburan dan juga bisnis, terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman berbelanja yang menghibur, sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, maupun komunitas di seluruh Indonesia.

Memasuki tahun ketiganya beroperasi di Indonesia, TikTok Shop kembali memecahkan rekor penjualan melalui fitur live shopping di platform TikTok bersama tiga kreator affiliate ternama Indonesia dengan total Rp107 miliar di bulan Agustus 2023.

Live Shopping to the rescue!

Data internal TikTok Shop mengungkapkan bahwa 1 dari 3 pengguna TikTok pernah membeli produk melalui TikTok Shop. Selain itu, fitur LIVE Shopping yang mengusung konsep Shoppertainment (Entertainment first, eCommerce second) dinobatkan menjadi fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi di platform TikTok. Dengan adanya konsep ini, konsumen dapat menikmati aktivitas hiburan sekaligus berbelanja dan berinteraksi secara real-time dengan para merchants.

Kolaborasi yang kuat antara kreator affiliate dengan merek lokal, dan figur publik

Bagi kreator affiliate, kehadiran fitur live shopping ini tidak hanya membantu mereka untuk membangun dan menjaga hubungan dengan audiens di TikTok, tapi juga membuka peluang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan melaluikolaborasi dengan beberapa merek lokal dalam hal promosi dan penjualan di TikTok Shop. Di bulan Agustus lalu, tiga kreator affiliate TikTok, yakni #RajaKreatorKecantikan dr. Richard Lee, #RatuAffiliator Mami Louisse, dan #RajaElektronik Kohcun berhasil mencatatkan rekor penjualan tertinggi yang berasal dari interaksi melalui fitur live shopping. Selain memanfaatkan fitur live shopping selama 23-26 jam dalam sekali waktu untuk menjangkau lebih banyak audiens, strategi yang mereka lakukan adalah dengan berkolaborasi dengan beragam merek lokal dan figur publik.

dr. Richard Lee, seorang dokter yang juga aktif memberikan ulasan produk kecantikan, mengungkapkan, “Kami melakukan live shopping selama 23 jam non-stop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Kami mengajak beberapa selebriti ternama di Indonesia, seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett untuk memberikan product knowlegde kepada penonton kami.” Sebagai hasilnya, dr. Richard Lee bersama timnya berhasil menjual produk kecantikan sebesar Rp41 miliar dalam satu hari.

Capaian ini menunjukkan bahwa konsistensi,dan tekad yang disertai dengan rasa ingin terus belajar hal baru dapat mengantarkan pada kesuksesan. Setelah mulai mencoba fitur live shopping TikTok Shop pada bulan Januari 2023, dr. Richard Lee berhasil masuk dalam daftar Top 10 kreator konten dengan penjualan terbesar pada bulan Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.