Rabu, 29 Mei, 2024

Trophy tur Piala Dunia U-17 2023 penutup di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2023). (Foto: PSSI)

SURAKARTA,MENITINI.COM-Trophy tur Piala Dunia U-17 2023 penutup di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu (5/11/2023) jadi penanda Indonesia siap menjadi sorotan dunia dengan gelaran FIFA World Cup U-17 2023 yang akan mulai bergulir 10 November 2023.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka larut dalam pawai Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 bersama ribuan warga Surakarta yang memadati jalan dari Stadion Sriwedari menuju kawasan Pura Mangkunegaraan mengungkapkan keyakinan pesta sepakbola talenta dunia ini akan berjalan lancar dan sukses.

“Jika saya lihat animo Kota Surakarta, serta kesiapan stadion, infrastruktur, pemerintah kota, dan warga di bawah arahan Wali Kota Mas Gibran, ajang Piala Dunia U-17 ini secara keseluruhan akan berlangsung lancar dan sukses. Dengan sisa waktu yang ada, ayo kita sambut pesta sepakbola dunia yang akan menjadi sejarah bagi Indonesia,” ujar Erick Thohir.

BACA JUGA:  Jelang Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Rumput Stadion GBK Jadi Perhatian PSSI

Trophy Experience di Surakarta dimulai dari pawai bola raksasa sejak dari Stadion Sriwedari, Pasar Antik Triwindu hingga Pura Mangkunegaraan (Gapura Ngarsopuro). Selain Erick dan Gibran, arak-arakan itu diikuti prajurit Pura Mangkunegaraan, penari Mangkunegaraan, drum band, bintang-bintang klub Persis Solo.

“Saya mewakili warga Surakarta siap menyukseskan Piala Dunia U-17 2023, yang tak hanya babak penyisihan, tapi juga hingga semifinal dan final yang akan berlangsung di Stadion Manahan. Kami tidak akan menyia-yiakan kepercayaan yang diberikan pak Erick sebagai Ketum PSSI dan pemerintah pusat kepada Surakarta yang akan menjadi perhatian kancah sepakbola dunia,” kata Gibran.

Kanjeng Gusti Mangkunegara X dan Plt Gubernur Jateng Nana Sudjana yang menyambut kedatangan pawai di Gapura Ngapuro juga antusias akan kedatangan trofi di Surakarta yang menandakan tak lama lagi pesta sepakbola yang diikuti 24 negara siap bergulir.

BACA JUGA:  Kabar Baik, Nathan Diijinkan Clubnya SC Heerenveen, Perkuat Garuda Muda di Piala Asia 2024

“Sebuah kebanggaan karena Kota Surakarta dan seluruh warganya mendapat kehormatan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia sepakbola. Ini akan terus diingat sehingga kami siap memberikan yang terbaik dalam menjamu tamu dan tim-tim yang datang,” jelas Kanjeng Gusti Mangkoenegara X.

Hal senada juga diungkapkan Nana Sudjana. Bahkan Plt Gubernur Jateng itu menyatakan siap memberikan dukungan maksimal bagi Surakarta sehingga kota ini menjadi salah satu tuan rumah terbaik dalam memberikan layanan keamanan dan kenyamanan bagi penonton serta tim, ofisial, dan panpel.
“Jawa Tengah siap menjadi bagian penting dalam kesuksesan Piala Dunia U-17 ini. Karena itu, kami telah mengerahkan segala upaya dukungan agar semua kegiatan terkait Piala Dunia di Surakarta ini berjalan lancar. Sukses Surakarta juga menjadi sukses Jawa Tengah,” ucap Nana Sudjana.

BACA JUGA:  Ini 22 Pemain Timnas Indonesia Lawan Irak dan Filipina

Serupa di tiga kota sebelumnya, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, banyak acara hiburan rakyat di event Trophy Experience FIFA World Cup U-17 2023 di Surakarta.

Warga Kota Batik tak hanya bisa melihat lebih dekat, tapi juga berfoto bersama trofi Piala Dunia U-17 yang dipamerkan di Pura Mangkunegaraan, depan Gedung Kavallerie-Artillerie.

“Trofi tur ini tepat untuk sosialisasi Piala Dunia U-17. Saya optimistis warga Solo juga ingin jadi bagian sejarah ajang bergengsi ini dengan menonton calon-calon bintang sepakbola masa depan secara langsung di Stadion Manahan,” tambah Erick.

Surakarta akan mementaskan persaingan penyisihan Grup B Piala Dunia U-17 2023 yang terdiri dari Spanyol, Kanada, Uzbekistan, dan Mali. Stadion Manahan juga menjadi arena laga babak 16 besar, perempatfinal, semifinal, dan final.*

  • Sumber: PSSI
  • Editor: Daton