Minggu, 14 Juli, 2024

Presiden Jokowi tiba di Johannesburg, Republik Afrika Selatan, pada Rabu, 23 Agustus 2023. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Johannesburg, Republik Afrika Selatan, pada Rabu (23/8/2023) setelah berangkat dari Republik Mozambik. Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Johannesburg, Republik Afrika Selatan sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Presiden Jokowi disambut langsung oleh Menteri Kehutanan, Perikanan, dan Lingkungan Afrika Selatan Barbara Creecy, Manajer Senior Departemen Hubungan Internasional dan Kerjasama (DIRCO) Afrika Selatan Sindiswa Mququ, serta Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan beserta istri. Di bandara,, Presiden juga turut disambut dengan Tari Zulu yang merupakan tarian penyambutan dari Afrika Selatan.

BACA JUGA:  Sambut Kunjungan Grand Syekh Al Azhar, Jokowi Tekankan Perdamaian dan Toleransi

Dari Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Johannesburg. Di hotel tersebut, Presiden Jokowi disambut oleh Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono serta sejumlah masyarakat Indonesia di Afrika Selatan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Maputo, Mozambik sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Johannesburg yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

  • Sumber: BPMI Setpres
  • Editor: Daton

Berita Lainnya:

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Buka Jakarta Fair 2024