Angin Kencang Disertai Hujan, Pohon Tumbang di Lateri Akibatkan Jalan Poka dan Rumahtiga Macet Total

AMBON, MENITINI.COM-Angin kencang disertai hujan deras menyebabkan pohon yang diperkirakan berusia puluhan tahun tumbang di daerah Lateri Kecamatan Baguala tepatnya sekitar SMAN 5 Lateri.

Pohon tumbang tersebut masih diupayakan untuk disingkirkan dari badan jalan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, BPBD, DLHP, TNI/POLRI dan dibantu masyarakat.

Alhasil warga khususnya pengguna jalan dari arah Kota Ambon dengan tujuan Passo dan sebaliknya menuju kota dari arah Passo, diminta petugas lalu lintas melewati Jembatan Merah Putih (JMP) dikarenakan arus lalulintas dari arah pusat kota menuju Lateri dan sebaliknya terkendala pohon tumbang tersebut.

Ratusan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat terjebak di bundaran Tugu Leimena Desa Poka Kecamatan Teluk Ambon Senin (06/03/2023) sekira pukul 17.00 – 19 OO WIT.

BACA JUGA:  Di Rakernis SMSI Bali, Ketua SMSI Berikan Pernyataan Ini Soal Pemilu 2024

Tak hanya bundaran Leimena, kemacetan parah mulai terlihat dari dusun Batukoneng hingga Jembatan Merah Putih (JMP), bahkan dari arah Kelurahan Tihu, Perumnas Desa Poka.

Kemacetan juga terpantau media Menitini di bundaran Tugu Leimena menyebabkan ratusan kendaraan di depan Toko Buku Dian Pertiwi ke arah Desa Waiheru maupun depan Kantor Desa Poka yang hendak menuju ke JMP nyaris tak bergerak.

Meski sebagian kendaraan bermotor memutar haluan menuju Wailela dan belok ke arah Desa Rumahtiga agar tak terjebak kemacetan, namun angkot dan sepeda motor di Bundaran Leimena, tetap saja macet total.

Dari hasil pantauan, terlihat penyebab kemacetan di Bundaran Leimena disebabkan oleh banyaknya kendaraan bermotor melewati ruas jalan Waiheru-Poka.

BACA JUGA:  Belum Melunasi Pembayaran Lahan, RSUD dr. Haulussy Ambon Digembok Pemilik Lahan

Hal ini diperparah dengan tersendatnya laju kendaraan bermotor di jembatan darurat samping PLTD Poka yang belum selesai dibangun. (M-009).