Mudik 2024, Kemenhub Bakal Tambah 2.000 Penerbangan

JAKARTA,MENITINI.COM-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan menambah 2.000 penerbangan tambahan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk periode mudik Lebaran 2024.

Keputusan penambahan penerbangan tersebut disampaikan Budi Karya Sumadi, dalam konferensi pers di Tangerang pada Jumat (29/3).

Penambahan penerbangan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada maskapai untuk meningkatkan kapasitas penerbangannya selama musim mudik, guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada para operator bila sekarang sudah ada tambahan penerbangan (extra flight, Red) sebanyak 2.000 penerbangan. Kita tetap memberikan kepada operator untuk memberikan kesempatan menambah jumlah flight,” kata Budi seperti dikutip dari ROML, Sabtu (30/3/2024).

Budi menyebut rotasi penerbangan tambahan tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak Angkasa Pura dan AirNav untuk menyediakan ruang waktu di bandara yang lebih dari jumlah yang sebelumnya.

BACA JUGA:  Lonjakan Mudik di Terminal Mengwi Mulai Nampak, Pemudik Dominan ke Jawa Timur

Adapun jumlah pemudik pada tahun 2024 ini diprediksi akan mencapai 193 juta orang, meningkat dari 120 juta pemudik tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan ini, petugas bandara, kata Budi juga akan ditambah di area drop-off dan sebagian besar counter check-in akan dialihfungsikan sebagai tempat penyimpanan bagasi.

“Dilihat dari suatu fakta di lapangan, dari pemesanan tiket terjadi peningkatan pemesanan tiket pada ‘H-3’ Lebaran Idul Fitri 2024,” sambungnya.

Untuk itu, Menhub itu memberikan saran kepada Angkasa Pura II sebagai pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk menambah jadwal penerbangan agar memberikan pelayanan yang optimal kepada pemudik.

“Terkait dengan penambahan penerbangan, kami memberikan kesempatan kepada maskapai untuk meningkatkan produktivitas rotasi penerbangan,” pungkas Budi.*

  • Editor: Daton