KMP Agung Samudra XVIII Kandas di Selat Bali

JEMBRANA,MENITINI.COM-Kapal Motor Penumpang (KMP) Agung Samudra XVIII kandas di Perairan Selat Bali, Minggu (11/2/2024) sekitar pukul 12.25 Wita. sebelumnya kapal berangkat dari Pelabuhan LCM Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Penumpang kapal sebanyak 42 orang berhasil dievakuasi.

Kasat Polairud Polres Jembrana, AKP I Nyoman Arnama Susanto mengatakan sekitar pukul 11.15 WIB, KMP Agung Samudra XVIII berangkat dari Pelabuhan Ketapang. Saat berlayar, kapal tersebut terseret arus yang kuat sehingga menyebabkan kandas di sisi selatan lampu suar Tanjung Pasir dengan
koordinat 08°07′.207″ S 114°25’818″ E.

Ia megatakan kapal mengangkut 42 orang penumpang 4 unit trailer, 3 unit truk besar, 1 unit truk sedang, 2 unit kendaraan kecil, dan 5 unit sepeda motor. Tidak ada korban jiwa. Penanganan kapal kandas itu telah dilakulan oleh petugas dari KSOP Gilimanuk dan tim SAR gabungan. Bantuan petugas ini untuk membantu evakuasi penumpang dan muatan kapal.

BACA JUGA:  Terbukti Pungli, Korsatpel Dwi Jati Divonis Tujuh Tahun Penjara

Pihak kapal diharap supaya sebelum melakukan keberangkatan atau berlayar dilakukan pengecekan kondisi cuaca serta memastikan keselamatan berlayar. Setelah dilakukan evakuasi, seluruh penumpang ditempatkan ruang tunggu ASDP Gilimanuk. Bila nanti air laut kembali pasang, kapal tersebut akan terlepas dari kandas.

  • Editor: Daton