Jembrana Raih Penghargaan Kategori Penilaian Kompetensi di BKN Award 2022

Pemkab Jembrana meraih penghargaan Kategori Penilaian Kompetensi di ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2022.
Pemkab Jembrana meraih penghargaan Kategori Penilaian Kompetensi di ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2022. (foto:ist)

 Press Release (8/9)

NEGARA,MENITINI.COM-Pemkab Jembrana meraih penghargaan Kategori Penilaian Kompetensi di ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2022. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen, S.KOM, Msi Kepada Sekertaris Daerah Kabupaten Jembrana I Made Budiasa bertempat di Bali Dynasty Resort, Kuta, Kabupaten Badung, Kamis (8/9/2022).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen mengatakan BKN Award 2022 merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada instansi pemerintah yang dinilai berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen aparatur sipil negara di lingkup masing-masing. 

“Award atau penghargaan bukan semata-mata tujuan utama, tetapi merupakan dampak atas keseriusan dari masing-masing instasi untuk mengimplementasikan manajemen aparatur sipil negara,” ucapnya.

Suherman juga menjelaskan dalam penilaian BKN Award terdapat berbagai kreteria yang dinilai. BKN mengelompokkan instansi dalam bentuk 3 kelompok instansi dalam kategori besar, instansi dalam kategori sedang dan instansi dalam kategori kecil.

BACA JUGA:  Wanita Italia Digulung Ombak di Nusa Penida

“Penilaian BKN award menggunakan berbagai kriteria mulai dari perencanaan kebutuhan ASN, pelayanan mutasi kepegawaian, kualitas data dan sistem integrasi, penilaian aparatur sipil negara, presentasi pelaporan kinerja serta pelaksanaan norma dan standar prosedur  disetiap instansi,” tandasnya.

Ditemui usai penyerahan penghargaan Sekda Jembrana I Made Budiasa mengatakan hal tersebut merupakan bentuk apresiasi atas komitmen Pemkab Jembrana dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil penilaian kompetensi dalam menajemen aparatur sipil negara.

“Ini merupakan salah satu apresiasi dari Badan Kepegawaian Negara atas prestasi Pemkab Jembrana dalam menyelenggarakan penilaian kompetensi,” ucapnya.

Ia menambahkan, capaian tersebut tidak menjadikan Pemkab Kabupaten Jembrana berpuas diri, melainkan untuk memacu semangat agar lebih meningkatkan kompetensi dari ASN.

BACA JUGA:  Tim SAR Berhasil Evakuasi Dua WNA di Perairan Pulau Teor Maluku

“Jadi dengan penghargaan ini kita tidak akan sampai disini tapi ini dijadikan sebagai pemacu dan pemicu semangat kita Pemerintah Kabupaten Jembrana untuk lebih meningkatkan lagi kompetensi dari ASN kita,” imbuhnya.

Sekda I Made Budiasa berharap, dari penghargaan tersebut menjadi motivasi untuk terus memaksimalkan pengelolaan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana.

“Harapan kami kedepan, dalam menentukan kebijakan kepegawaian khususnya dalam penempatan maupun dalam promosi dan sebagainya kita harus menilai kompetensi dengan sebaik baiknya sehingga betul betul menempatkan orang sesuai dengan kompetensinya, kita harus bisa meningkatkan ini,” harap Made Budiasa. (rls)