Senin, 15 Juli, 2024

Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia untuk korban bencana alam yang terjadi di Papua Nugini dan Afganistan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Senin, 8 Juli 2024. (Foto: BPMI Setpres/Vico)

JAKARTA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan pemerintah Indonesia untuk korban bencana alam yang terjadi di Papua Nugini dan Afganistan. Pelepasan bantuan dilakukan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Hari Kedua di Provinsi Lampung, Presiden Jokowi Kunjungi Lampung Barat dan Tanggamus

Jokowi Ungkap Lima Tahun Terakhir Merupakan Masa Penuh Tantangan

IKN Akan Dijaga Radar Buatan Eropa

Mensos Beri Penghargaan kepada Anggota TNI dan Polri atas Dedikasi Kemanusiaan

“Kita tahu pada tanggal 24 Mei 2024 telah terjadi bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga di Papua Nugini. Pada Bulan Oktober 2023 juga terjadi bencana gempa bumi di Afganistan yang menimbulkan banyak korban jiwa dan pengungsi,” ucapnya.

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan berbagai jenis bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afganistan. Presiden menuturkan bahwa bantuan yang diberikan mulai dari obat-obatan, makanan tambahan, hingga perangkat kebersihan atau hygiene kit.

Seorang Perawat Dibacok, Polisi Menduga  Dilakukan Mantan Suaminya

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas

Hari Kedua di Provinsi Lampung, Presiden Jokowi Kunjungi Lampung Barat dan Tanggamus

Jembrana Uji Coba Mesin Pengolah Sampah, Kapasitas 300 Ton Per Hari

“Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita di Papua Nugini dan di Afganistan, dan membuat mereka segera bangkit kembali,” tutur Presiden.

Kepada para delegasi yang membawa bantuan tersebut, Kepala Negara berpesan agar misi kemanusiaan ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, Presiden juga meminta agar para delegasi dapat menjaga kesehatan dan keselamatan selama bertugas.

“Saya pesan agar delegasi yang menjalankan misi kemanusiaan ini menjalankan amanah sebaik-baiknya dan menjaga keselamatan selama bertugas dan kembali ke Tanah Air dalam kondisi sehat walafiat,” lanjutnya.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Kepala BNPB Suharyanto menuturkan bahwa pengiriman bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian bangsa Indonesia kepada Papua Nugini dan Afganistan. Suharyanto mengatakan bahwa distribusi bantuan rencananya akan dilakukan dengan menggunakan pesawat komersial dan kargo.

Tragis, Seorang Teknisi Pesawat Meninggal Tersedot Mesin

Hizbullah Serang Pangkalan Intelijen Israel di Golan dengan Drone

Turki Menutup Perbatasannya dengan Suriah

Bakal Ada Kampung Indonesia di Gaza Palestina

“Pendistribusian langsung kami bawa menggunakan dua pesawat yaitu satu pesawat Garuda A330 Airbus, yang satu lagi pesawat kargo,” ujarnya.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Wakil Duta Besar Papua Nugini Gregory Hombuahin, dan Head of Delegation IFRC Jakarta Office Elkhan Rahimov. (Sumber: BPMI Setpres)

  • Editor: Daton