Senin, 15 Juli, 2024

Presiden RI Jokowi saat berada di IKN beberapa waktu lalu. (Foto: dok. BPMI Setpres)

JAKARTA,MENITINI.COM-Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya Andyawan Martono mengatakan radar Thales bikinan Prancis akan ditempatkan di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN). Itu untuk penguatan pertahanan udara IKN, disamping juga diperkuat dengan senjata pertahanan udara atau air defense weapon hingga penugasan pesawat TNI AU.

“Penempatannya sudah kita rapatkan, tentunya nanti tidak di IKN-nya, tapi sekitar IKN, sehingga nanti bisa mem-backup wilayah udara di sekitar IKN,” kata di di Griya Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2024).

Hari Kedua di Provinsi Lampung, Presiden Jokowi Kunjungi Lampung Barat dan Tanggamus

Jokowi Ungkap Lima Tahun Terakhir Merupakan Masa Penuh Tantangan

Mensos Beri Penghargaan kepada Anggota TNI dan Polri atas Dedikasi Kemanusiaan

Sambut Kunjungan Grand Syekh Al Azhar, Jokowi Tekankan Perdamaian dan Toleransi

"Kita juga sudah punya perspektif pertahanan udara di sekitar IKN, tidak hanya radar, tetapi itu ada penugasan pesawat di sana, air defense weapon ada di sana," tambah Andyawan.

Dikatakan, TNI AU juga mulai kedatangan radar-radar canggih dengan teknologi terbaru, yang nantinya akan ditempatkan di wilayah strategis di Indonesia serta menggantikan radar milik TNI AU yang sudah lama.

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas

Hari Kedua di Provinsi Lampung, Presiden Jokowi Kunjungi Lampung Barat dan Tanggamus

Jembrana Uji Coba Mesin Pengolah Sampah, Kapasitas 300 Ton Per Hari

Jembrana Gencar Promosi Pariwisata Dengan Misi Penjualan Mini

"Cukup banyak nanti, Sorong ada, Jayapura juga ada Tambolaka ada, daerah Sumatera ada, lengkap semuanya dan ada beberapa yang nanti menggantikan radar-radar kita yang lama. Radar kita yang lama kan teknologinya dari '70-'80-an kita ganti," jelas Andyawan.

  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Jelang Upacara 17 Agustus, Pembangunan IKN akan Dihentikan Sementara