HUT ke-51 PDIP, Megawati: KPU Bawaslu, Tolong Dong Kerja yang Benar!

JAKARTA,MENITINI.COM-Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengingatkan KPU dan Bawaslu harus kerja dengan benar. Dia menyebut pemilu yang benar saat rakyat dapat ekspresikan hati nuraninya untuk memilih.

“Kebenaran dalam pemilu terjadi ketika rakyat dapat mengekspresikan hati nuraninya secara bebas, merdeka, dan berdaulat,” kata Megawati dalam sambutannya pada acara HUT ke-51PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2024).

Megawati meminta KPU dan Bawaslu untuk bekerja dengan benar. Dia juga mengaku kerap melihat baliho berisikan pesan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Nah ini juga untuk KPU, Bawaslu, tolong dong kerja yang benar. Saya kan baca tuh di jalan, ada apa itu, baliho ‘pemilu yang demokratis’, di mana ya saya lihat, ada 2, kan saya mata tuh suka lihat kalau lagi jalan, lalu jujur, adil, luber, langsung, umum, bebas, langsung, umum, bebas, nah ini bebasnya, dan rahasia, jadi tidak digiring loh, tolong ya,” ujar Megawati seperti dikutip Detikcom.

BACA JUGA:  Diduga Korupsi Dana Hibah, Lima Komisioner KPU Aru Dijebloskan ke Rutan

Megawati juga mengingatkan, KPU merupakan komisi yang bersifat ad hoc, sehingga bisa dibubarkan kapanpun.

“Lah gimana toh yo, saya dulu mempertahankan nanti, dulu kan waktu zaman orde baru kan LPU, Lembaga Pemilihan Umum, menurut saya itu lebih kuat, tapi waktu reformasi, itu dijadikan komisi, saya selalu katakan, tapi selalu kayak saya di-bully, saya katakan komisi itu, ada Pak Laoly (Menkumham Yasonna Laoly), jawab saya, komisi itu sifatnya ad hoc kan? Bahwa suatu saat bisa dibubarkan, itu berulang kali saya ngomong,” ucap Megawati.

Editor: Daton