Jumat, 12 Juli, 2024
Ilustrasi ngupil

Ilustrasi ngupil. (Foto: Net)

JAKARTA,MENITINI.COM-Kebanyakan orang mungkin akan mendambakan dengan hidung yang tampak kecil menggemaskan. Sebaliknya, hidung yang besar sering kali bikin kepercayaan diri menurun.

Namun ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat hidung membesar atau terlihat membesar?
Melansir CNNIndonesia.com, berikut beberapa kebiasaan-kebiasaan dan tanpa disadari umumnya dilakukan sehari-hari.

1. Napas lewat mulut

Mengutip berbagai sumber, bernapas melalui mulut dapat menyebabkan saluran hidung mengering dan meradang. Kondisi ini dapat membuat hidung terlihat lebih besar dan membengkak.

2. Sering menggosok hidung

Menggosok hidung secara terus menerus jadi salah satu kebiasaan yang bikin hidung membesar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan jaringan di dalamnya mengalami iritasi dan bengkak. Hal ini bisa membuat hidung Anda terlihat lebih besar.

BACA JUGA:  RSU Bhakti Rahayu Denpasar Cek Kesehatan Mata Gratis di Posyandu Paripurna Banjar Penatih

Ngupil

Semua orang pasti pernah mengupil. Mengupil biasanya dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di saluran hidung. Namun, siapa sangka jika mengupil bisa membuat hidung membesar seiring berjalannya waktu. Mengutip Channel News Asia, terlalu sering mengupil bisa menyebabkan penebalan saluran hidung. Kondisi ini pada akhirnya dapat memperlebar ukuran lubang yang membuat hidung Anda membesar. Tak cuma bikin hidung membesar, terlalu sering mengupil juga bisa meningkatkan risiko masuknya bakteri ke dalam tubuh lewat jari yang kurang steril.

Selfie

Kebiasaan satu ini tak benar-benar membuat hidung membesar. Namun, selfie atau swafoto bisa membuat hidung Anda terlihat lebih besar. Anda tentu tak ingin hidung terlihat besar di dalam foto. Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Facial Plastic Surgery pada 2018 lalu, selfie dengan jarak sekitar 12 inci atau 30 sentimeter membuat hidung terlihat 30 persen lebih besar.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Tekankan Pentingnya Kesiapan SDM Kesehatan dalam Memanfaatkan Bonus Demografi

“Selfie membuat hidung terlihat lebih lebar, padahal sebenarnya tidak,” ujar ahli bedah plastik dan rekonstruksi di Rutgers New Jersey Medical School, Amerika Serikat Boris Paskhover, mengutip CNN. Paskhover juga merupakan penulis studi tersebut.

Studi ini mengandalkan data dari National Institute for Occupational Safety and Health untuk memperkirakan dimensi wajah setiap individu dari berbagai latar belakang dan ras di AS.

Menggunakan pemodelan matematika, para peneliti menemukan bahwa foto yang diambil pada jarak 12 inci membuat hidung 30 persen terlihat lebih besar pada pria dan 29 persen lebih besar pada perempuan.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa bikin hidung membesar atau terlihat lebih besar. *

  • Sumber: CNNIndonesia.com
  • Editor: Daton
BACA JUGA:  Calon Jemaah Haji 2024 Mayoritas Lansia, Penjabat Gubernur Ingatkan Kemenag NTB Fokus Pelayanan Kesehatan¬†