Gunung Raung Erupsi, Luncurkan Abu Vulkanis

Gunung Raung erupsi
Gunung Raung erupsi (Foto: Istimewa)

BONDOWOSO,MENITINI.COM- Gunung Raung yang berada di antara Kabupaten Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi dilaporkan mengalami erupsi Rabu, (27/07/2022) sekitar pukul 17.19 WIB.
 
“Iya erupsi tadi jam 17.19. Terekam aktivitas pukul 17.19-17.28 WIB,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung Mukijo dikutip Medcom.id Rabu (27/07/2022) malam.

Mukijo menambahkan, aktivitas erupsi yang ditampakkan dari pengamatan serta data yang terekam berupa luncuran abu. Luncuran abu setinggi 1.500 meter dari puncak gunung menuju ke barat dan barat laut.

“Ya tidak ada kalau guguran lava di Raung. Potensi erupsi abu, terutamanya. Lava itu nggak ada. (Luncuran abu) ke atas sekitar 1.500 meter, asapnya condong ke barat dan barat laut,” ucapnya.
 
Gunung Raung meluncurkan abu vulkanis selama 9 menit saat erupsi. Berdasarkan pengamatan pos pantau semburan abu vulkanis mencapai 1.500 meter. Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung Mukijo menyatakan, sebelum erupsi tidak ada tanda-tanda aktivitas apa pun.
 “Kalau kita perhatikan dari laporan yang kami terbitkan setiap hari itu memang setiap hari masih terekam gempa tremor sejak tahun 2021. Untuk keluarnya asap, atau abu itu memang masih ada,” kata Mukijo.
 
Namun Mukijo menegaskan aktivitas seperti itu normal dan lumrah terjadi di Gunung Raung. Bahkan sejak mengeluarkan abu vulkanik pada Rabu sore, belum ada aktivitas vulkanik susulan yang terjadi.
 
“Nggak ada erupsi terekamnya 17.19 – 17.28. Setelah itu sampai sekarang, rekaman kegempaannya kembali normal lagi sampai sekarang belum ada aktivitas,” tuturnya.
 
Menurutnya, peningkatan aktivitas dan muntahan material hanya terjadi selama 9 menit dalam rentang waktu pukul 17.19 – 17.28 WIB. “Kemudian jam 17.28 sudah berhenti. Jadi tidak ada lanjutan, tidak ada aktivitas ulangan. Kembali ke rekaman awal,” katanya.
 
Sebelumnya diberitakan Gunung Raung dinyatakan erupsi dengan mengeluarkan material abu vulkanik. Pos PGA Gunung Raung mencatat erupsi terjadi pada pukul 17.19 WIB.
 

BACA JUGA:  Awan Hitam Menyelimuti Karaoke DoubelO

Sumber: Medccom.id