Dua WNI Dilaporkan Meninggal dalam Kecelakaan Bus Rombongan Umrah di Mekkah

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha.
Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha. (Foto: Net)

MENITINI.COM-Bus yang membawa jemaah umrah di Mekkah dilaporkan mengalami kecelakaan tunggal hingga menewaskan dua warga negara asal Indonesia.

“Kecelakaan ini menewaskan dua WNI, yaitu driver dan muthawif,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, dalam Press Briefing Kemlu pada Kamis (27/10) seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL.ID.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (25/10), pukul 23.30 WIB. Judha menyatakan kabar tersebut didapatnya dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah yang segera mengirimkan bantuan untuk WNI di sana. “Ketika mendapatkan informasi ini, KJRI Jeddah segera mengirimkan tim perlindungan WNI ke wilayah Mekah untuk berkomunikasi dengan otoritas setempat,” jelasnya.

BACA JUGA:  Mahfud Ajak Masyarakat Perangi Hoaks

Melalui KJRI, lanjut Judha, diketahui bahwa insiden tersebut murni kecelakaan tunggal yang tidak melibatkan pihak manapun.

“Diperoleh informasi bahwa kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang tidak melibatkan pihak lain,” ungkapnya.
Judha mengatakan, dalam kecelakaan bus itu juga, terdapat enam jemaah umrah luka-luka dan segera mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat.

“Saat ini untuk yang luka-luka dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Mekkah dan lima di antaranya telah dapat melanjutkan perjalanan umrah. Satu masih dalam perawatan,” ujar Judha.
Terakhir, Judha mewakili Indonesia menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya dan menekankan jika KJRI Jeddah akan selalu siap jika dibutuhkan.

“Atas kecelakaan ini kami mengucapkan turut berduka cita dan KJRI Jeddah siap memberikan bantuan kepada para jemaah,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Tiga jenazah Korban Penembakan KKB Tiba di Labuan Bajo

Sumber: RMOL.ID