Di Penghujung 2022, Bank Sampah Bhakti Rahayu Green Team Dilaunching

Pengurus BRGT berfoto bersama usai melaunching bank sampah, Sabtu (31/12/2022). Foto: Menitini/M-011)
Pengurus BRGT berfoto bersama usai melaunching bank sampah, Sabtu (31/12/2022). Foto: Menitini/M-011)

DENPASAR,MENITINI.COM-Di penghujung akhir tahun 2022, RSU Bhakti Rahayu Denpasar bekerja sama dengan Bali Waste Cycle (BWC) melaunching bank sampah, Sabtu (31/12/2022).

Komunitas bank sampah yang diberi nama Bhakti Rahayu Green Team (BRGT) itu nantinya akan mengelola sampah yang berasal dari rumah sakit dan karyawan Bhakti Rahayu serta karyawan afiliasinya, dan sampah yang berasal dari masyarakat sekitar RSU Bhakti Rahayu.

Ketua bank sampah BRGT, Ida Bagus Ketut Alit Subudi saat diminta keterangannya di sela-sela acara launching mengatakan, komunitas bank sampah terbentuk dari orang-orang yang peduli terhadap lingkungan.

“Dalam pegerakan, nantinya BRGT tidak hanya berkutat pada pengumpulan sampah anorganik, tetapi BRGT juga akan menitikberatkan pada lingkungan, baik penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sempat Melarikan Diri, Empat Pelaku Pembalakan Kawasan Hutan Tiing Tali Ditangkap

Dari sampah yang dikumpulkan, nanti ada manfaat nilai rupiahnya bagi nasabah yang menabung sampah. Untuk karyawan RSU Bhakti Rahayu dan afiliasinya, mendapatkan 50 persen, karena yang 50 persen akan manfaatkan untuk kegiatan sosial. Namun untuk nasabah yang berasal dari masyarakat sekitar, akan mendapatkan sepenuhnya dari hasil tabungan sampah tersebut.

Advertisements
Sampah yang berhasil dikumpulkan pada saat acara launching bank sampah BRGT. (Foto: Menitini/M-011)

Alit Subudi juga mengatakan, pihaknya akan menyasar masyarakat di seputaran RS Bhakti Rahayu. Bahkan sudah berkunjung ke Kantor Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar untuk mensosialisasikan bank sampah tersebut. Ia mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk bisa memanfaatkan bank sampah yang berada di sebelah area parkir RSU Bhakti Rahayu itu.

Sementara Marketing and Education Coordinator BWC Ida Bagus Ary Wijaya mengatakan, dengan dilaunchingnya bank sampah ini, ia berharap komitmen dari BRGT untuk meneruskan penabungan sampah secara rutin untuk kelestarian lingkungan dan menjadi contoh bagi masyarakat di sekitar RS Bhakti Rahayu.

Sampah yang terkumpul saat acara launching tersebut sebanyak 144,9 Kg sampah anorganik. (M-011)