Senin, 15 Juli, 2024

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menghadiahkan sepasang anjing pungsan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin di taman Wisma Negara Kumsusan di Pyongyang, Korea Utara, Rabu. 19 Juni 2024. (Foto:AP/AP)

PYONGYANG,MENITINI.COM-Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan telah memberi Presiden Rusia Vladimir Putin sepasang anjing ras pungsan.

Pada Kamis (20/6/2024), Kim dan Putin terlihat melihat anjing-anjing yang diikat di pagar yang ditutupi bunga mawar di Korea Central Television, menurut kantor berita Korea Utara KCNA.

Tragis, Seorang Teknisi Pesawat Meninggal Tersedot Mesin

Hizbullah Serang Pangkalan Intelijen Israel di Golan dengan Drone

Turki Menutup Perbatasannya dengan Suriah

Bakal Ada Kampung Indonesia di Gaza Palestina

Saat Kim memberi makan wortel kepada kuda, Putin menepuk kepala kedua anjing tersebut. Kemudian kedua pemimpin bergantian mengemudikan limusin Aurus Rusia.

Pungsan merupakan anjing pemburu yang berasal dari wilayah Korea Utara. Mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga menerima bunga putih dari Kim, yang disebut Gomi dan Songgang, pada tahun 2018 seiring dengan membaiknya hubungan antar-Korea.

Baik Kim maupun Putin diketahui sangat gemar menunggang kuda.

Kuda yang ditunggangi Kim merupakan simbol Korea Utara, pemulihan ekonomi negara tersebut pasca Perang Korea tahun 1950-1953. Di Korea, nama mitos kuda bersayap Chollima diabadikan sebagai rudal Korea Utara.

Putin juga kerap digambarkan sebagai sosok yang gemar berolahraga. Dia pernah muncul di atas kuda coklat, memakai kacamata hitam, rantai emas, dan celana militer.