Cuaca Ekstrem, Ini Imbauan Polda Bali

DENPASAR,MENITIN.COM-Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H., memberi imbauan terkait cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini dan kerap menimbulkan petaka dan bencana tanah longsor.

Kombes Jansen menyampaikan dalam beberapa hari terakhir sering terjadi bencana alam di beberapa wilayah khususnya Bali. Bencana alam tanah longsor seperti yang terjadi Desa Gitgit, Buleleng dan di Jati Luwih Tabanan. Dalam bencana tersebut seorang pemuda asal Buleleng korban, dan dua WNA asal Amerika turut menjadi korban bencana alam di Jati Luwih.

“Akhir-akhir ini cuaca Bali sangat extrem dengan durasi hujan yang sangat panjang disertai angin sangat kencang dan ini sangat rawan terjadi banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan memicu terjadi bencana alam lainnya,” ungkap Kombes Jansen. 

BACA JUGA:  Puluhan Motor Knalpot Brong Diamankan dalam Razia di Denpasar Selatan

Polda Bali pun mengajak dan mengimbau masyarakat agar selalu siap, tanggap dan waspada karena bencana alam bisa terjadi kapan dan dimana saja. Diimbau warga untuk tidak keluar rumah jika tidak terlalu penting. 

Selain itu, hindari berteduh di bawah pohon-pohon besar yang mudah tumbang dan hindari beristrahat di bawah tebing-tebing tinggi karena itu sangat berbahaya, serta hindari lokasi-lokasi yang rawan terjadi bencana alam.

“Jagalah kebersihan lingkungan masing-masing terutama got-got agar dibersihkan, untuk menghidari banjir ketika hujan turun dan jangan lupa selalu berdoa semoga Tuhan selalu melindungi kita semua,” ujar mantan Kapolresta Denpasar ini. (M-011)

  • Editor: Daton