WHO Minta Aturan Wajib Masker dan Jaga Jarak Dikembalikan

Kasus Covid-19 Kian Meningkat, WHO Minta Aturan Wajib Masker dan Jaga Jarak Dikembalikan. (foto: iStock)

JAKARTA-Meningkatnya kasus-kasus Covid-19 secara global ikut memicu kekhawatiran Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Untuk itu, kepala WHO dalam pernyataannya pada Selasa (12/7), kembali menyerukan agar pihak berwenang di seluruh negara mengembalikan aturan wajib masker dan jarak sosial sebagai tindakan pencegahan.

“Virus berjalan bebas, dan negara-negara tidak mengelola penyakit secara efektif,” kata Tedros, seperti dikutip dari AFP, Kamis (14/7).


Pekan lalu WHO telah menyimpulkan bahwa hingga saat ini virus corona tetap menjadi ‘Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional.

“Pandemi belum berakhir,” kata Tedros.

Selama pekan 4-10 Juli 2022, lebih dari 5,7 juta kasus baru Covid-19 dilaporkan, meningkat 6 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Kematian, bagaimanapun, tetap relatif datar sepanjang musim panas ini, dengan lebih dari 9.800 dilaporkan dalam minggu menjelang 4 Juli, lima kali lebih sedikit dari minggu yang sama tahun lalu.

BACA JUGA:  Pemerintah Diminta Yakinkan Publik Vaksin Booster Halal dan Aman

Aturan wajib masker dan persyaratan jarak sosial sebagian besar telah ditinggalkan awal tahun ini, meskipun beberapa negara – di antaranya China dan Korea Selatan – masih mewajibkan penggunaan masker wajah di sebagian besar pengaturan publik. 

Sumber: RMOL.ID