Toyota Avanza dan Veloz Banyak Diminati

Toyota Avanza generasi baru
Toyota Avanza generasi baru. (foto: motor1.com)

JAKARTA,MENITINI.COMPT Toyota Astra Motor (TAM) melaporkan hasil penjualannya di 2022 hingga April di Indoensia mencapai 108.874 unit atau naik 34,9% dibandingkan peiode Jan-April 2021 yang sebesar 80.736 unit.

Dlansir motor1.com, Peningkatan ini di atas rata-rata pertumbuhan penjualan otomotif nasional sehingga market share Toyota juga ikut naik dari 30,5% menjadi 31,5%. Pertumbuhan penjualan Toyota didukung oleh penerimaan positif pelanggan terhadap deretan produk Toyota, khususnya All New Veloz dan All New Avanza.
Sebagai produk baru, keduanya konsisten mencatatkan rata-rata penjualan di level 4.000 unit per bulan.
Hingga April 2022, All New Avanza telah membukukan penjualan lebih dari 17.000 dan All New Veloz lebih dari 15.000 unit.
Bahkan penjualan All New Veloz yang hadir sebagai MPV advance dan sporty di bulan April 2022 meningkat sebesar 50,7% di bandingkan bulan Maret 2022. Dengan hadirnya All New Veloz dan All New Avanza, market share LMPV Toyota terhadap total LMPV market di periode Januari hingga April 2022 berada di level 45%, atau naik sebesar 6,7% dari level 38,3% di tahun 2021 dengan periode yang sama.
“Berbagai program yang kami tawarkan mendapat respon positif dari pelanggan dan mampu meningkatkan kinerja penjualan. Ini tentu diharapkan memberi kontribusi pada peningkatan kinerja industri otomotif nasional dan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy seperti dikutip motor1.com.
New Veloz memang menjadi andalan baru Toyota di segmen LMPV. All New Veloz hadir dengan mesin 1.500 cc 2NR-VE yang menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 14 Kgm.
Teknologi Dual VVT-i yang dipakai Veloz telah terbukti andal dan tahan lama dalam menghasilkan tenaga yang memadai dengan efisiensi bahan bakar yang optimal di berbagai kondisi jalan.
Bedanya, Veloz anyar ini mengalami peningkatan dengan hadirnya CVT Transmission.
Transmisi baru ini dilengkapi split gear baru yang dikembangkan untuk memberikan rasio gigi yang lebih lebar guna menciptakan akselerasi yang bertenaga dan mulus serta pengalaman jelajah yang senyap.
Sementara New Avanza yang dirilis 10 November 2021 mengalami perubahan 180 derajat dalam pengembangan desain, jadi lebih menarik secara emosional dan menawarkan interior ekstra-luas.
Toyota melakukan pengembangan dengan transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF) yang benar-benar baru.
Platform FF itu dikombinasikan dengan sistem suspensi yang nyaman dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang.
Avanza hadir dalam 4 tipe yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).
Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm.
Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat Avanza mampu menghadirkan 7 kursi yang lebih nyaman dan ekstra luas.

BACA JUGA:  Lama tanpa Pembaruan, Suzuki Carry akan Mendapat Penyegaran

Sumber: motor1.com