Tari Lung Sri Sunari Kanwilkumham Bali Sabet Juara di Dirjen PAS Jakarta

DENPASAR, MENITINI.COM – Tari kreasi Lung Sri Sunari yang dibawakan  Tim Tari Kanwil Kemenkumham Bali meraih juara III saat mengikuti perlombaan tari bertempat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Jakarta. 

Lomba tari daerah  merupakan salah satu acara yang digelar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) yang ke-20, dengan peserta perwakilan PIPAS dari masing-masing Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia.

Tari Lung Sri Sunari merupakan sebuah tarian daerah Bali yang diberi sentuhan kreasi, dengan konsep yang sangat sederhana. 

Sri Sunari memiliki makna  sinar kedamaian yang dimiliki simbol Dewi Sri sebagai Dewi Kesuburan. Tarian ini digarap untuk memberikan esensi kepada wanita yang menjaga keseimbangan.

BACA JUGA:  Keunikan Budaya 38 Provinsi di Indonesia akan Hadir di 10th World Water Forum

Tarian ini memberikan irama kesejukan kepada Ibu-Ibu Pemasyarakatan yang diibaratkan sebagai Dewi Sri yang selalu memiliki peranan penting  memberikan pelayanan dan pengabdian yang tulus ikhlas kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. 

Tarian ini diiringi Gamelan Gong Kebyar dengan menggunakan gerak dan pakem khas tari Bali, serta ditunjang  properti sebagai pelengkap sehingga menambah kesan estetik dalam penampilannya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali, Romi Yudianto menerangkan  Tim Tari Kanwil Kemenkumham Bali merupakan perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di  Kanwil Kemenkumham Bali. 

Dalam mempersiapkan perlombaan tersebut mereka telah melakukan latihan selama kurang lebih dua minggu dan dilatih pelatih tari professional yang berasal dari Bali.

BACA JUGA:  Pemda Badung Anggarkan Rp10 Miliar untuk Pembuatan Ogoh-Ogoh, Ini Syaratnya

Ia mengaku bangga atas prestasi Tim Tari PIPAS Kanwil Kemenkumham Bali yang berhasil meraih juara III dalam perlombaan tari daerah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) ke-20.

“Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi dari para anggota Tim Tari PIPAS Kanwil Kemenkumham Bali. Kami sangat bangga atas semangat dan kekompakan mereka dalam menampilkan tarian yang memukau dan penuh makna,” ujarnya. (M-003)

  • Editor: Daton