Tanah Kraton Yogyakarta Dibawa ke IKN

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, saat mendampingi Presiden RI Joko Widodo. (foto: Biro Setpres)

YOGYAKARTA,MENITINI.COM: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, mendampingi Presiden RI Joko bertolak ke Kalimantan Timur.

Rombongan terbatas tersebut menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Yogyakarta, Minggu (13/03/2022).
 
 
Dikutip dari Medcom. Id, Gubernur DIY membawa tanah dan air yang berasal dari DIY untuk disatukan dengan tanah dan air dari seluruh daerah di penjuru Indonesia. Tanah dan air dari Yogyakarta diambil dari lingkungan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Yang dari Jogja, tanah dan air diambil dari kraton,” kata Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Hubungan Masyarakat, dan Protokol (UHP) DIY, Ditya Nanaryo Aji, dalam ketengan tertulis, Minggu (13/03/2022). Namun Ditya tak menjelaskan pasti makna pengambilan tanah dan air dari Kraton Yogyakarta. Ia hanya menyebut tanah dan air ini akan diletakkan di IKN sebagai penanda di sana akan menjadi ibu kota negara sekaligus pusat bagi Indonesia. Upacara simbolis penggabungan tanah dan air ini akan dilakukan di titik 0 kilometer IKN.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*