PKBLBB 2022 Sukses Jalankan Misi Sosialisasi Kendaraan Listrik

Memasuki Penyelenggaraan Hari Ke-5, PKBLBB 2022 Sukses Jalankan Misi Sosialisasi Kendaraan Listrik Kepada Masyarakat.
Memasuki Penyelenggaraan Hari Ke-5, PKBLBB 2022 Sukses Jalankan Misi Sosialisasi Kendaraan Listrik Kepada Masyarakat. (Foto: ist)

BADUNG,MENITINI.COM-Lingkungan hidup merupakan isu global yang menjadi salah satu
prioritas pada Presidensi G20 2022 yang diselenggarakan di Bali. Mendukung program tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menggelar Pameran
Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 sebagai upaya transisi energi dalam menurunkan emisi karbon di Indonesia.

Melalui PKBLBB 2022, Kemenhub ingin mengkampanyekan kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum. PKBLBB 2022 menjadi sarana kerjasama antara pemerintah, akademisi, masyarakat, dan pihak swasta untuk berkolaborasi dalam mewujudkan transisi energi.

Selama 5 hari pameran, turut hadir tokoh-tokoh yang mendukung penuh hadirnya kendaraan listrik di Indonesia, diantaranya Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Dikti Ristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nizam, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Diaz Hendropriyono, Staf Ahli Bidang Keselamatan & Konektivitas Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Maria Kristi Endah Murni dan
Walikota Gorontalo, Marten A. Taha.

BACA JUGA:  Ribuan Bibit Jempiring Dibagikan Jelang Lomba Telajakan  

PKBLBB 2022 menjadi sarana bagi masyarakat untuk dapat merasakan inovasi produk dari berbagai brand yang turut memeriahkan acara. Masyarakat dapat mencoba berbagai kendaraan listrik melalui program test ride dan test drive. Selain itu, terdapat program lainnya seperti entertainment, showcase, talk show dan seminar yang informatif, sehingga pameran ini mampu menjawab berbagai persoalan sebelum menggunakan kendaraan listrik.

Hadirnya kendaraan konversi juga memperlihatkan bahwa dunia modifikasi terus berkembang dan kreativitas modifikator dapat dituangkan ke kendaraan listrik, serta mendapat berbagai benefit setelah mengkonversi kendaraannya. Saat ini krisis energi dan lingkungan melanda berbagai negara dan transisi energi mulai digaungkan karena dianggap mampu menjadi solusi bagi krisis tersebut. Indonesia mendukung adanya transisi energi dengan melakukan berbagai perubahan kebijakan yang telah ditetapkan. Hal ini selaras dengan yang diungkapkan Ketua Umum PERIKLINDO, Moeldoko saat memberikan welcoming speech pada sesi seminar pada Selasa (15/11/2022). “Harapan saya hadirnya kendaraan listrik dapat menjadi hal baru yang dapat memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” harap Moeldoko.

BACA JUGA:  Toyota Crown Hadir dalam Empat Model Baru

Turut hadir pada acara tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, bersama Direktur Sarana dan Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Danto Restyawan dan Akademisi Universitas Udayana, Ainul Ghuri. Adapun participants yang ikut menyemarakkan semangat era elektrifikasi yaitu Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling sebagai official partners G20. Di samping itu, Astra Honda Motor, Grab Bluebird, Braja, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, Optima Integra Tehnika, Percik, Selis, PERIKLINDO, PLN, SAG, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle hadir sebagai participant dalam penyelenggaraan PKBLBB 2022.