Permintaan Ketua DPRD kepada BPR,  Suport UMKM di Badung

Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata saat menerima audiensi dari pimpinan BPR Maha Bhoga Marga, Selasa (13/12).
Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata saat menerima audiensi dari pimpinan BPR Maha Bhoga Marga, Selasa (13/12). (Foto: M-003)

BADUNG, MENITINI.COM – Ketua DPRD Badung Putu Parwata menerima audiensi dari pimpinan BPR Maha Bhoga Marga, Selasa (13/12), di ruang kerjanya.

Dalam audiensi ini diharapkan BPR Maha Bhoga Marga dapat memfasilitasi permodalan dari pelaku UMKM di Badung. Sehingga nantinya UMKM dapat berkembang yang kemudian indikator pertumbuhan ekonomi tahun 2023 semakin membaik.

Ketua DPRD Badung Putu Parwata mengatakan, BPR Maha Bhoga Marga memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada seluruh masyarakat Badung. Bahkan BPR ini ingin berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi di Gumi Keris, khususnya untuk UMKM. 

“Jadi BPR MGM ini siap untuk memfasilitasi seluruh UMKM yaitu 42.730 UMKM, ini akan disupport oleh Bank MGM yang ada di Kelurahan Kapal. Yang kita harapkan bank ini memberikan support kepada UMKM,” ujar Parwata. 

BACA JUGA:  Harga Minyak Goreng Mencekik, Rakyat Menjerit, Pemda Tak Berdaya

Menurutnya, industri unggulan di Gumi Keris adalah pariwisata. Sementara industri kaitannya adalah UMKM dan pertanian dalam arti luas. Sehingga pihaknya ingin membangkitkan UMKM, dengan salah satu langkahnya yakni membangun kerjasama dengan lembaga keuangan. Sehingga di tahun 2023 indikator pertumbuhan ekonomi semakin membaik. 

“Jadi kita dorong UMKM, permodalannya melalui bank MGM. Terlepas dari bank-bank lainnya, tapi kita rekomendasikan bahwa bank MGM berpihak kepada masyarakat kecil,” tegas politisi PDIP asal Dalung, Kecamatan Kuta Utara tersebut. Pihaknya juga berharap adanya kerjasama dengan Pemkab Badung, bank MGM ini akan bisa memberikan support positif bagi UMKM-UMKM yang ada di Badung. 

Sementara Direktur Bisnis BPR MGM Putu Mas Martiniasih menjelaskan, sudah saatnya masyarakat Bali bangkit kembali. Sehingga pihaknya memastikan akan memberikan fasilitas kepada UMKM agar dapat tumbuh. “Kami berharap Bali ini bisa tumbuh, kami berharap UMKM bisa tumbuh dan kami sebagai BPR akan membantu. Suatu yang mudah kenapa harus dibuat sulit. Jadi kami berharap Bali ini khususnya badung bisa bangkit di tahun 2023,” jelasnya. 

BACA JUGA:  Hilangkan Kesan Kumuh dan Semrawut, Penataan Pasar Kedonganan Bertahap

Terkait suku bunga, pihaknya memastikan akan memberikan lebih rendah dibandingkan bank lain. Pihaknya akan menghitung dari biaya operasional untuk memberikan potongan yang sangat tipis. “Siapa lagi yang akan membantu UMKM kalau bukan kita sendiri. Karena kalau mereka sudah baik otomatis semua bank akan bangkit. Dampaknya semua perusahaan pasti akan bangkit pada waktunya,” katanya. M-003