Perbanyak Langkah Untuk Kesehatan, Sudah Berapa Langkah Hari Ini?

Sudahkah melangkah hari ini? - pexels

DENPASAR, MENITINI.COM – Apakah Anda tahu berapa banyak langkah yang Anda ambil rata-rata setiap hari? Jika Anda kesulitan menemukan jawaban tanpa memeriksa smartwatch, Anda tidak sendirian. Berkat jam tangan ini, kita jadi tahu persis berapa banyak langkah yang kita lakukan saat berjalan. Namun, sekedar tahu saja tidak cukup. Anda juga wajib tahu berapa langkah yang Anda perlukan untuk memenuhi tujuan kesehatan dan kebugaran. Simak info berikut!

Program 10.000 langkah

Pasti Anda pernah mendengar program 10.000 langkah. 10.000 langkah sendiri menghasilkan kira-kira 5 mil. Berjalan sejauh 5 mil terbukti membantu mengurangi kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Hitungan langkah harian Anda ini juga cukup untuk memenuhi rekomendasi CDC untuk setidaknya berolahraga ringan-sedang selama 150 menit per minggu.

Berapa langkah dalam sehari?

Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang dewasa yang sehat dapat mengambil sekitar 4.000 dan 18.000 langkah per hari, dan 10.000 adalah target yang masuk akal untuk orang dewasa yang sehat. Jika Anda mencari cara untuk membandingkan langkah harian Anda dengan tingkat aktivitas, pertimbangkan kategori berikut:

  • Tidak aktif: kurang dari 5.000 per hari
  • Rata-rata: berkisar antara 7.500-9.999 per hari
  • Sangat aktif: lebih dari 12.500 per hari

Jumlah langkah yang Anda tuju dalam sehari harus sesuai tujuan Anda. Namun, penting untuk tidak terlalu fokus pada angka saat awal memulai. Lebih baik fokuskan untuk selalu menambah jumlah pada hari-hari berikutnya secara bertahap.

BACA JUGA:  Indonesia Jawara Diabetes, Pemerintah Harus Perketat Pengawasan

Berapa banyak langkah untuk menurunkan berat badan?

Jika menurunkan berat badan adalah tujuan utama, Anda pasti ingin membidik setidaknya 10.000 langkah dalam sehari. Sementara jumlah pastinya bergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan diet Anda. Sebuah studi menemukan bahwa mendapatkan setidaknya 15.000 langkah per hari berkorelasi dengan risiko sindrom metabolik yang lebih rendah. Tetapi jika angka tersebut masih terlalu tinggi, mencapai 10.000 saja secara teratur sudah cukup untuk mengawali.

Berapa banyak langkah untuk meningkatkan kebugaran?

Untuk meningkatkan kebugaran, Anda perlu mengetahui berapa banyak langkah rata-rata saat ini dalam sehari. Anda dapat menggunakan gadget ataupun pedometer. Selanjutnya, tetapkan tujuan 500-1000 langkah lebih tinggi dari rata-rata saat ini. Pertahankan pola ini 1-2 minggu pertama hingga Anda beradaptasi dengan nyaman. Perlahan-lahan tingkatkan hingga 10.000 per hari. Anda dapat memutuskan untuk tetap pada level ini atau berpindah sesuai kategori aktif.

Tips menambah jumlah langkah harian

Setelah mengetahui jumlah yang Anda butuhkan, saatnya mulai bergerak! Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan jumlah langkah harian Anda:

  • Awali hari dengan jalan kaki pagi. Berjalan kaki selama 30-60 menit saat pagi hari memberikan relaksasi tersendiri dan dapat meningkatkan energi Anda sepanjang hari. Tentu bangun pagi perlu komitmen ya.
  • Komuter sederhana. Kadang jalan kaki tidak perlu rute. Anda dapat melakukan komuter sederhana bahkan saat bekerja. Bagilah hari Anda menjadi 3 bagian dan luangkan 10-15 menit untuk komuter kesana kemari dalam kontrak waktu tersebut. Tidak terasa saat hari berakhir, target langkah sudah terpenuhi.
  • Ngobrol secara langsung. Dunia digital memang memudahkan untuk menjangkau siapapun. Sayangnya, hal ini mengurangi ruang gerak kita. Untuk mengakalinya, ubah kebiasaan berkirim pesan dengan ngobrol langsung. Keuntungannya, lebih minimal miskomunikasi.
  • Sengaja tersesat. Kadang untuk mendapatkan sensasi petualangan, kita perlu sengaja tersesat. Siasat ini sangat berguna untuk menambah angka harian Anda. Tidak perlu jauh-jauh, misalkan pilih rute terpanjang untuk ke toilet atau kantin.
  • Pilih akses terjauh. Akses dekat memang memudahkan, apalagi kalau mager melanda. Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk, manfaatkan akses yang lebih jauh untuk menambah langkah. Misalnya, parkir jauh dari pintu masuk dan memilih rute memutar.
  • Kurangi screen time saat menunggu. Ya, menunggu memang membosankan dan kita perlu distraksi. Namun, untuk meningkatkan kebugaran, jauhkan gadget Anda dan mulailah berjalan. Eksplorasi hal baru saat menunggu akan lebih berfaedah daripada memantau gosip artis bukan?
  • Pilih tangga. Tips ini sangat klasik dan populer. Jika kebetulan jarak tangga cukup dekat, Anda dapat memodifikasi dengan langkah ganda atau rute pulang pergi sekaligus dalam satu waktu. Tentunya jika waktu Anda memadai ya.
  • Telpon sambil berjalan. Tanpa mengurangi faktor keamanan, Anda dapat menerima telpon sambil berjalan atau mondar-mandir. Tetap aktif saat bertelpon terbukti menjaga otak tetap aktif dan terorganisir, cocok untuk Anda yang mudah lupa.
  • Aktif bersama anak. Jika Anda memiliki anak, ini adalah kesempatan yang baik untuk mengajarkan anak berinvestasi pada kesehatannya sekaligus rekreasi. Tidak perlu jauh-jauh, ajaklah anak tetap aktif, jalan-jalan di sekitar rumah atau ikutlah olahraga yang anak tekuni.
BACA JUGA:  7 Tips Diet Sehat Perayaan Tahun Baru Imlek

Kiat menjaga motivasi

Untuk urusan kebugaran fisik, motivasi dan komitmen untuk sehat adalah yang utama. Motivasi akan selalu datang dan pergi, tetapi jika Anda berpegang teguh pada komitmen hidup sehat, maka Anda pasti akan tetap pada jalur. Jangan lupa ingatkan diri Anda secara konstan bahwa hanya Anda yang mampu berkontribusi pada kesehatan Anda. Bila sulit, gunakan keluarga, anak atau pasangan Anda sebagai alasan. Siapa sih yang tidak mau umur panjang dan bugar bersama yang terkasih? Yuk, mulai melangkah! (M-010)