Perayaan Imlek di Kota Denpasar, Padukan Budaya Tionghoa dan Bali

DENPASAR,MENITINI.COM-Perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili digelar di heritage Jalan Gajah Mada, Denpasar, Sabtu (24/2/2024). Perayaan yang dihadiri oleh Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ini, memadukan antara budaya Tiongha dan Bali.

“Akulturasi budaya adalah spirit dan kekuatan kita untuk dapat mendukung pembangunan Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara saat menyaksikan perayaan Imlek itu.

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara saat hadir dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2575. (Foto: M-011)

Jaya Negara mengatakan Pemerintah Kota Denpasar sangat fokus dalam merangkul keberagaman yang dapat memperkaya Kota Denpasar sebagai kota berbudaya, yang seiring dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam atau menyama braya di Denpasar sebagai Kota Toleransi.

BACA JUGA:  Kemeriahan Holly Festival di Lapangan Puputan Badung

Pemrakarsa kegiatan dari Komunitas Bali Harmoni Nusantara (Bahana), I Ketut Siandana menyampaikan, rangkaian ritual Imlek tahun ini difokuskan pada prosesi ritual dan doa bersama untuk memohon keselamatan pada tahun berlambang Naga Kayu ini.

“Hari ini kita fokuskan untuk doa-doa, prosesi, sujud syukur sebagai makna utama perayaan Imlek, yang tentunya bermuara pada kemakmuran bersama,” kata I Ketut Siandana. Ia mengatakan ritual Imlek tersebut juga sebagai wujud akulturasi budaya Tionghoa dan Bali yang terus ingin dilestarikan. (M-011)

  • Editor: Daton