Pemasangan 530 Bollard, Cegah Pemotor Naik Trotoar  

Bollard yang terpasang di jalan By Pass Ngurah Rai Tuban
Bollard yang terpasang di jalan By Pass Ngurah Rai Tuban. (FOTO: IST)

BADUNG, MENITINI.COM – Trotoar di sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai Kuta dipasang pembatas dari beton atau bollard. Pembatas itu diletakkan sejajar dengan warna merah tembaga dan sedikit ornamen sebagai pemanis.

Pemasangan itu untuk mencegah pengendara sepeda motor agar tidak naik ke atas trotoar dan mengganggu kenyamanan pejalan kaki dan masa umur trotoar.  

Menurut Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Provinsi Bali,  I Nyoman Yasmara, ST. kondisi trotoar memang terkadang dilalui pengendara sepeda motor ketika lalulintas macet.  Perbuatan tidak terpuji itu justru mengganggu kenyamanan pejalan kaki,  dan kondisi trotoar juga akan cepat rusak. “Bollard sudah mulai dipasang di beberapa titik. Itu bertujuan agar kendaraan/motor tidak naik ke pedestrian,” katanya dihubungi, Selasa (27/9/2022).

BACA JUGA:  Gelar Judi Tajen di Rumah, Polisi Ciduk Pecatan Polisi

Dipaparkan, total ada 530 bollard yang dipasang di daerah-daerah yang dianggap rawan dilalui kendaraan. Setiap titik trotoar dipasang sebanyak 2 atau 3 bolar. Pemasangan Bolar itu dilakukan dari kawasan Pesanggaran sampai Nusa Dua, kemudian menuju ke GWK, terutama jalan nasional. 

Salah satu pejalan kaki bernama Agung Juni mengapresiasi langkah pemasangan bollard pada trotoar jalan. Sebab selama ini tidak sedikit pengendara naik ke atas trotoar, dan membuat pejalan kaki menjadi cukup rawan melintas.  

Kondisi itu diakuinya sering ditemukan di kawasan pariwisata atau akses menuju destinasi wisata. Jika hal itu dibiarkan, tentu menjadi tidak elok hal di mata wisatawan. “Kalau bisa itu dipasang di seluruh trotoar, jadi ini akan menjamin kenyamanan pejalan kaki tanpa takut ada pemotor yang loncat trotoar,” ungkapnya.M-003

BACA JUGA:  Seorang Nelayan Negeri Haruku Hilang, belum Ditemukan