Nepal van Java, Sepetak Nepal di Magelang

DENPASAR, MENITINI.COM – Pembatasan perjalanan sudah perlahan dihentikan nih! Otomatis kita mulai menyiapkan beberapa rencana angkat koper lagi dong. Eits, sabar dulu! Destinasi internasional masih belum 100% bebas diakses. Gimana kalau kita pemanasan dulu? Main dalam negeri aja yuk! Mumpung syarat wisata domestik melonggar. Kali ini redaksi akan berbagi satu destinasi wisata yang instagramable ala Nepal. Masih di Jawa, ada Nepal van Java tepatnya di Magelang.

Apa hubungannya Magelang sama Nepal? Kalau ngomong jarak jelas jauh. Tapi untuk wisata tipis-tipis, boleh dong untuk pemanasan sebelum kita ke Nepal beneran. Penasaran? Yuk simak info wisata berikut!

Awal Mula Nepal van Java

Nepal van Java sendiri sebenarnya merupakan sebuah dusun di kaki gunung bernama Dusun Butuh. Dusun Butuh merupakan dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang khas dengan rumah bertingkat di lereng. Awalnya, tidak ada yang istimewa dari dusun ini selain sebagai pelintasan pendaki ke Gunung Sumbing. Warga dusun pun masih bekerja secara tradisional sebagai petani sayur dan buah dengan memanfaat sumber daya alam. Kepala dusun yang mengawali ide untuk menyulap Dusun Butuh agar tampak lebih berwarna dan rapi. Warga dibantu dengan Nippon Paint melakukan pengecatan rumah-rumah dengan aneka warna hingga nampak seperti kompleks rumah di Nepal. Sejak 2019, Nepal van Java menjadi nama beken dari Dusun Butuh dan membuka banyak opsi lapangan kerja bagi warga sekitar. Contohnya ojek, pemandu wisata dan pedagang oleh-oleh.

BACA JUGA:  Turis Asing Belum Ada, Tempat Hiburan Malam Buka Belakangan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*