Jumat, 12 Juli, 2024

(Foto: istimewa)

DENPASAR,MENITINI.COM-Setelah merilis ulang lagu “Akulah Dia” dan “Melepasmu”, Band DRIVE kembali merilis single terbarunya yang berjudul “Deskripsi Dirimu”.

Berada di bawah naungan Gajah Mada Record, DRIVE merilis sebuah lagu Pop Ballad karya cipta sang BassistDygo, yang mengangkat tema tentang perasaan memuja dan kekaguman tehadap pasangan.

“Lagu ini tentang memuja pasangan, di liriknya saya memberikan banyak perumpamaan yang mengartikan seberapa penting dan berharganya si pasangan untuk dirinya. Sebenarnya lagu ini udah saya buat di tahun 2018 untuk seseorang yang saya puja yaitu istri saya. Saya buat di awal-awal pernikahan saya, biasanya laki-laki suka memandangi wanitanya, apapun kegiatan yang sedang dia lakukan. Kayak saya suka liatin istri saya saat lagi tidur atau saat dia lagi siapin makanan untuk saya. Di momen-momen itulah kadang muncul lirik-lirik di kepala saya saat memandangi dia sehari-hari”, ujar Dygo soal sosok inspirasi lagu ini.

“Saya sebagai Music Producer memilih 2 lagu yang diciptakan Dygo yang masuk ke dalam jajaran Album ke-7 DRIVE yang akan kita rilis nanti, dan ini salah satunya. Awalnya lagu ini berjudul ‘itu kamu’ (versi demo) terdengar seperti lagu cinta seperti kebanyakan, tapi ternyata memiliki kedalaman makna yang menarik. Saya mengganti judulnya menjadi ‘Deskripsi Dirimu’ dengan pemikiran, Dygo sebagai penulis lirik di lagu ini menjabarkan deskripsi pasangan hidupnya yang tercinta”, tambah Bhusdeq.

DRIVE kini tampil makin kompak dan fresh dengan formasi yang sekarang yaitu Axl Ramanda (vokal), Bhusdeq (gitar), Dygo (bass) dan Rudy (drum).


DRIVE  menghadirkan single terbarunya ini dengan musik yang lebih easy listening, namun rupanya proses penggarapannya ternyata cukup memakan waktu lama.

“Penggarapan lagu ini enggak instan. Biasanya saya kalo bikin lagu, lirik dan notasi langsung jadi bersamaan tapi untuk lagu ini liriknya nyicil-nyicil. Dapet lirik yang ini dulu, terus baru beberapa hari kemudian baru dapat lirik ini. Barulah jadi kesatuan lirik yang kalian dengarkan sekarang. Bahkan saat pandemi, lagu ini sempat diminta oleh seorang penyanyi pendatang baru tapi belum deal. Tapi ternyata lagu ini jodohnya memang sama DRIVE”, ungkap Dygo.

“Sebagai Arranger, yang tersulit tentunya merancang komposisi musik yang fresh. Terdengar Pop tapi tetap extraordinary. Dan untuk itu saya juga memasukkan unsur strings section, yang membuat alur lagu menjadi lebih menarik untuk tiap bagiannya. Intinya kami buat lagu ini sebagai pembuka rilisan lagu baru yang bakal bisa dinikmati semua kalangan, termasuk fans DRIVE yang suka lagu-lagu mid-tempo DRIVE lama seperti ‘Katakanlah’, ‘Kedua’, atau ‘Wanita Terindah’. Kedepannya kita akan rilis lagu-lagu yang lebih ballad dan juga yang up-tempo. Bakal jadi komposisi yang menarik jika didengar secara album nantinya’, tambah Bhusdeq.

DRIVE termasuk salah satu band Indonesia yang selalu kreatif dan produktif dalam berkarya dengan rilisan-rilisan barunya. Sebelum mengeluarkan lagu baru, DRIVE selalu memikirkan bagaimana lagu-lagu mereka bisa dinikmati secara lirik dan musik.

Lagu “Deskripsi Dirimu” sendiri adalah rilisan ketiga setelah lagu “Akulah Dia (New Version)” dan “Melepasmu (New Version)”. Me-remake lagu-lagu lama menjadi pilihan DRIVE di awal, sebagai usaha menarik para pendengar untuk bersiap menuju rilisan baru. Tiap lagu baru nantinya akan dirilis tiap bulan, dan album ke-7 DRIVE bakal dikeluarkan bersamaan dengan rilisnya single ketujuh.

“Lagu ‘Deskripsi Dirimu’ ini adalah lagu original baru pertama yang dirilis DRIVE dengan formasi yang sekarang ini. Dirilis berdekatan dengan momen penanda merdekanya DRIVE karena beberapa waktu lalu Anji sebagai mantan vokalis pertama DRIVE juga sudah berkomitmen tidak akan menyanyikan lagu-lagu DRIVE lagi diatas panggung. Ini menjadi hal yang baik kedepannya untuk DRIVE”, ujar Axl sebagai vokalis baru DRIVE.

Bagi masing-masing personil, formasi DRIVE yang sekarang memberi perubahan yang signifikan dalam tubuh DRIVE kearah yang lebih baik secara proses kreatif, pertemanan, dan performance DRIVE diatas panggung. Mereka selalu menikmati waktu-waktu kebersamaan mereka saat perform bersama.

“DRIVE berkomitmen untuk selalu memberikan karya-karya terbaik kami. Semoga karya kami selalu bisa dinikmati oleh penikmat musik Indonesia sampai kapanpun”, tutur Rudy.

Para Drivemaniacs (sebutan untuk fans DRIVE) rasanya juga sudah tidak sabar untuk menjelajahi dunia baru yang akan disajikan oleh DRIVE kedepannya.

Kombinasi penampilan yang enerjik, kekuatan vokal yang maksimal, lirik yang penuh makna dengan aransemen musik yang apik yang selalu disuguhkan DRIVE akan menjawab segala kerinduan para penikmat musiknya.

“DRIVE adalah salah satu band terbaik yang dimiliki Indonesia, dengan kualitas bermusik yang mumpuni, punya banyak lagu hits dan memiliki performance yang luar biasa. Comeback-nya DRIVE dengan format baru yang sekarang tergabung di bawah label Gajah Mada Record, bisa menjadi darah baru bagi DRIVE sendiri dan mungkin untuk musik Indonesia.

Kedepannya DRIVE akan hadir dengan lagu-lagu baru yang lebih segar, berjiwa muda dan mengikuti tren”, ucap Meike Trisnadi selaku Executive Producer Gajah Mada Record.

Untuk menilai sebuah karya musik, tidak ada cara lain yang lebih baik selain mendengarkan. Silahkan buktikan sendiri kualitas musik DRIVE. Lagu “Deskripsi Dirimu” sudah bisa dinikmati di berbagai digital store, dan yang pasti nonton MV terbarunya di channel Youtube Gajah Mada Record. (M-003)

  • Editor: Daton